Kenapa Ngeblog Itu Sia-sia?

Ngeblog memang kegiatan yang sudah jamak dilakukan oleh manusia zaman ini. Banyak orang begitu semangatnya menulis status di media sosial dan berpindah ke blog. Alasannya sederhana, agar bisa dapat penghasilan dari blog. Namun, apakah kamu tahu bahwa bisa saja ngeblog yang kamu jalani itu ternyata sia-sia. Kok bisa? Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan aktivitas ngeblog kamu menjadi sia-sia.


Tidak Konsisten Menulis

Tidak ada hal apapun yang menghasilkan kecuali dijalani dengan konsisten. Begitu juga dengan ngeblog. Ngeblog itu menulis satu demi satu artikel hingga menjadi sekumpulan tulisan yang bertema tertentu yang nantinya akan menjadi identitas blogmu. Lah kalau nulis saja tidak konsisten, bagaimana bisa menghasilkan uang? Banyak sekali bloger pemula yang awalnya semangat ngeblog, namun ketika belum sampai tulisan kesepuluh sudah loyo.

Minder Saat Lihat Blog Orang Lain Lebih Bagus

Salah satu penyakit yang menghinggapi bloger adalah ketika melihat bloger lainnya yang lebih oke. Mulai dari tulisannya yang bagus, ada yang tulisannya dikomentari banyak orang, dan ada lagi blog yang tampilannya bagus banget. Sedangkan blog sendiri kacau: tulisan sedikit, yang komen juga sedikit, apalagi tampilannya; jangan ditanya.

Asal kamu tahu saja, semua blog yang bagus itu bermula dari bawah. Tidak mungkin langsung banyak tulisannya, kecuali nyewa jasa penulis. Tidak mungkin banyak komentarnya jika tidak saling kenalan dengan bloger lainnya. Dan apalagi tidak mungkin bagus tampilannya jika tidak belajar HTML dan CSS, atau yang paling instan adalah bayar web developer untuk bikin tampilan blog yang bagus.

Kalau kamu bingung cari web developer yang bisa bikin template, ga perlu pusing-pusing; saya juga bisa. Bisa pesan ke saya. Hehe. Malah promosi.

Terlalu Percaya Diri

Tak hanya perasaan minder yang berbahaya, perasaan percaya diri yang berlebihan juga tidak bagus. Orang yang terlalu percaya diri akan sulit belajar hal bermanfaat lainnya. Misal nih contohnya, orang yang terlalu percaya diri ga mau belajar menulis yang lebih baik. Dia merasa tulisannya sudah bagus, padahal orang lain menilainya masih acak-acakan.

Tidak Peduli dengan Aspek Lainnya

Hal yang kadang membuat orang tidak mendapatkan insting ngeblog adalah tidak peduli dengan aspek lainnya dalam blogging. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam ngeblog. Yang pertama adalah soal backlink. Kadang orang tidak peduli dan sadar bahwa backlink ini sangat penting untuk menaikkan kualitas sebuah blog.

Selain backlink, ngeblog juga menuntut seseorang untuk kreatif membuat konten atau tulisan yang baik. Tulisan yang baik harus memiliki minimal satu gambar yang relevan dan kalau bisa didukung oleh video. Semakin bagus kualitas tulisanmu, maka akan membuka kesempatanmu untuk mendapatkan uang dari blog.

Jika di dalam dirimu masih ada salah satu poin di atas, maka lengkap sudah ngeblog yang kamu jalani saat ini adalah sia-sia. Sayang banget kan sudah meluangkan banyak waktu, namun tidak menghasilkan apa-apa.

Comments

  1. Setuju banget, mbak. Saya sendiri emang pernah mengalami empat hal di atas, tapi akhirnya tersadar untuk menjadi diri sendiri dan tetap konsisten dalam ngeblog. Konsisten untuk tetap belajar. hehehe

    ReplyDelete
  2. dulu awal2 ngeblog sempet tuh minder ama blog2 lain yg bgs2 ;p... makin minder pas pernah ditolak gabung di salah satu komunitas traveling mas ... alasannya blogku kurang bagus dulu :D . Sedih, pasti... banget malah... sempet males nulis... tapi lama2 aku mikir jg, kenapa malah down ditolak begitu.. emg komunitas cuma dia aja ;p..

    akhirnya aku sewa web developer, ubah total tampilan blog, dan makin sering nulis... belajar dr blog2 lain yg udh lebih dulu terkenal :) ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew, gila ... jahat banget tuh komunitasnya
      kalo saya sih lebih milih menyendiri daripada gabung sama komunitas yang menyebalkan seperti itu :D

      Delete
  3. Setuju banget ini, apalagi sama alasan nomor 1 tentang konsistensi dalam menulis. Btw artikelnya bagus bgt ini menginspirasi saya sekali yang memang bisa dikatakan baru di dunia blog ini. Thanks for sharing !

    ReplyDelete
  4. wuah bisa pesen template responsif buat Wordpress jugak ya?
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mbak
      tapi apakah WP yang mbak pakai bisa install WP theme dari luar?

      Delete

Post a Comment

Popular Posts