Cara Mencegah Agar Tidak Kena Anyang-anyangan saat Hamil

Kehadiran 100.000 organisme per mililiter (ml) urine pada pasien asimtomatik, atau kehadiran 100 organisme per mililiter urine yang disertai puria pada pasien bergejala, merupakan kondisi anyang anyangan atau yang kita kenal dengan istilah ISK (Infeksi Saluran Kemih). ISK 90% disebabkan oleh bakteri bernama E. coli. Bakteri ini diketahui berasal dari usus kita sendiri yang keluar bersama feces saat BAB dan kemudian berpindah ke saluran kemih melalui beberapa cara. Salah satunya adalah karena kebiasaan cebok dan membersihkan dubur dari belakang ke depan.

Anyang-Anyangan dan Wanita

Wanita merupakan gender yang lebih sering beresiko mengalami infeksi saluran kemih karena berbagai sebab, seperti:
  • Karena letak lubang anus dan kelamin yang berdekatan sehingga lebih mudah menyebabkan bakteri pindah dari anus ke kelamin
  • Anatomi kemih yang lebih pendek juga menyebabkan perjalanan bakteri menuju kantung kemih memudahkan bakteri masuk ke kantung kemih
  • Pada wanita, kondisi tertentu seperti kehamilan, menyebabkan mereka lebih beresiko mengalami infeksi karena kandung kemih mereka yang tertekan oleh rahim

Bahaya Anyang-Anyangan pada Ibu Hamil

Kehamilan adalah sebuah kondisi yang menyebabkan terjadinya banyak perubahan di dalam fisik maupun psiskis wanita. Perubahan pada tubuh umumnya disebabkan karena hormon. Perubahan hormonal yang menyebabkan perubahan mekanis akan meningkatkan resiko statis pada urine dan refluks vesicoureteral.

Ditambah dengan anatomi saluran kemih (uretra) yang pendek (antara 3-4 cm pada wanita) serta sulitnya mereka menjaga kebersihan diri akibat keterbatasan gerak karena perut buncit (kehamilan) menyebabkan mereka lebih sering (frekuensi) mengalami anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih. Bisa dikatawakan, ISK merupakan infeksi akibat bakteri yang paling umum dialami oleh wanita hamil.
Umumnya, ilmu medis menetapkan ibu hamil sebagai host immunocompromised infeksi saluran kemih disebabkan karena adanya perubahan fisiologis pada mereka yang tentu saja berhubungan erat dengan kehamilan itu sendiri.

Perubahan ini meningkatkan risiko ibu mengalami komplikasi infeksi serius akibat gejala infeksi saluran kemih dan, atau tanpa gejala bahkan pada wanita hamil yang sehat.

Faktor Resiko

Beberapa resiko dan komplikasi yang bisa dialami oleh ibu hamil dan bayi di dalam kandungannya akibat anyang-anyangan diantaranya adalah:
  • Pielonefritis, adalah infeksi yang berpotensi mengancam jiwa dan organ wanita, sering menyebabkan jaringan parut pada ginjal. Bakteri biasanya mencapai ginjal dengan cara naik dari saluran kemih bawah. Bakteri juga dapat mencapai ginjal melalui aliran darah. Pielonefritis dapat menyebabkan dampak yang cukup signifikan pada pasien.
  • Dapat memicu kelahiran prematur
  • Berat badan anak yang dilahirkan oleh pasien infeksi saluran kemih rendah (BBLR)
  • Yang paling berbahaya, infeksi saluran kencing dapat menyebabkan meningkatnya resiko kematian preinatal (beberapa minggu sebelum dan setelah lahir)

Cara Mencegah Anyang-Anyangan pada Ibu Hamil


Diantara beberapa anjuran agar ibu hamil terhindar dari bahaya yang telah disebutkan di atas, adalah:
  • Menjaga kebersihan diri. Salah satunya adalah dengan membiasakan diri membilas kemaluan dengan metode dari depan ke belakang.
  • Rajin minum air putih.
  • Sering makan buah cranberry karena dapat mencegah infeksi saluran kemih.
  • Jika kesulitan menemukan buah cranberry, ibu hamil dianjurkan minum obat alami yang terbuat dari cranberry seperti Uricran. Obat ini telah diformulasikan secara khusus untuk memelihara kesehatan saluran kemih dari infeksi saluran kemih. Kandungan utama yang terdapat di dalam Uri-cran adalah ekstrak cranberry. Aman dikonsumsi ibu hamil, dan mudah didapat di apotek atau toko obat.
  • Hindari menahan buang air kecil.

Comments

Popular Posts