Ban Motor Anda Sering Gonta-ganti? Begini Rahasianya Agar Awet!

Kerusakan pada ban motor merupakan suatu hal yang bisa dianggap biasa, karena memiliki sepeda motor haruslah melakukan perawatan yang ekstra agar kendaraan yang kamu miliki mampu bertahan dalam kurun waktu yang cukup lama. Tidak hanya pada mesin saja yang perlu Anda perhatikan dengan baik, akan tetapi pada bagian satu ini pun juga merupakan bagian yang sangat penting yang dapat menunjang pada kendaraan kamu.


Kamu tentu bisa membayangkan apa jadinya jika sepeda motor tidak dilengkapi dengan ban. Oleh sebab itulah memperhatikan ban pada sepeda motor sangatlah wajib kamu lakukan, jangan menunggu hingga ban bocor berkali-kali barulah kamu melakukan pergantian ban dengan ban kendaraan yang baru. Terlebih lagi jika kamu malas untuk melakukan perawatan, maka ban pada motor kamu pun juga akan cepat rusak, sehingga hal penting yang wajib kamu lakukan yaitu dengan menjaga pada kondisi ban agar dapat bertahan dengan waktu yang cukup lama dan awet.

Berikut ini adalah cara agar ban motor awet, yaitu sebagai berikut ini:

1. Isilah angin.

Isilah angin ban secara rutin untuk meredam pada panas, sehingga tekanan pada angin yang ada di dalam ban tetap ideal.

2. Bersihkan kotoran.

Pada bagian sela-sela ban, tentu akan ada kotoran atau debu, sehingga bersihkan pada kotoran atau kerikil yang terselip pada ban, karena jika hal ini kamu abaikan, maka lama-kelamaan akan dapat merobek ban kamu.

3. Rutin memeriksa pada tekanan udara.

Untuk melakukan pengecekan pada keseimbangan udara yang ada di ban, maka kamu dapat melakukan pengecekan seminggu sekali.

4. Hindari paparan matahari secara langsung.

Hindarilah memarkir kendaraan di tempat yang panas, karena hal ini dapat menyebabkan ban akan semakin keras karena pada material bahan dasarnya berubah.

5. Perhatikan pada ukuran ban dengan pelek.

Jika Anda malas untuk membeli di toko offline, maka Anda dapat membelinya melalui toko online yang dapat kamu lakukan dengan mudah dan praktis. Usahakan pada tekanan ban tidak kurang dan tidak lebih dari 30 psl.

Di dalam melakukan perawatan pada ban sepeda motor memang bisa di katakan sangatlah mudah, karena dalam hal ini tidak membutuhkan perawatan yang khusus, di dalam perawatan ini hal yang dibutuhkan hanyalah ketelitian pada pemilik sepeda motornya. Karena dengan perawatan yang ekstra rutin, maka hal ini dapat memperpanjang pada usia ban sepeda motor yang kamu miliki, itu artinya kamu pun juga akan terhindar dari borosnya uang yang harus kamu keluarkan untuk membeli ban baru lagi.

Perawatan yang kamu lakukan pun juga tidak akan membutuhkan waktu yang lama, jika memang kamu adalah orang yang sangat sibuk dan tidak sempat melakukan perawatan, maka luangkan sejenak waktu kamu untuk memperhatikan pada sepeda motor kamu, meskipun ban merupakan hal yang sering di abaikan para pemilik sepeda motor, akan tetapi ban pada sepeda motor pun juga memiliki peran yang begitu penting.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kita Sering menjumpai ban pada kendaraan bermotor yang sering mengalami bocor, cepat tipis atau pada kendala yang lainnya, sedangkan kendala tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk pada diri kamu yang kurang memperhatikan pada sepeda motor yang kamu miliki. Dengan melakukan perawatan, maka kamu akan terhindar dari sikap boros, sehingga jangan merasa malas untuk merawat ban motor yang kamu miliki.

Comments

Popular Posts