7 Ciri Baju Batik yang Bagus dan Berkualitas

Gambar dari Kabarito

Harga sebuah baju batik tidak selalu ditentukan oleh bahan (kain) yang digunakan, melainkan, bisa juga dipengaruhi oleh bagaimana batik tersebut dibuat. Umumnya, batik tulis dihargai lebih mahal dibandingkan dengan batik hasil printing atau yang digarap dengan metode cap. Pada umumnya, harga sebuah baju batik yang berkualitas biasanya dipengaruhi oleh empat hal berikut ini yaitu:
  1. Bahan atau kain yang digunakan
  2. Metode menggambar batik
  3. Kualitas jahitan
  4. Jenis tinta yang digunakan

Ketika seseorang mengenakan baju batik, pakaian tersebut tidak hanya sebatas fashion item, melainkan terkandung juga nilai seni yang tinggi di dalamnya.

Bagi orang-orang yang concern dengan nilai-nilai dan budaya, biasanya akan memilih baju batik dengan sangat teliti dan hati-hati. Mereka hanya akan membeli sesuatu yang benar-benar berkualitas bagus dan autentik.

Walau demikian, bagi kita yang awam pun--perlu memilih pakaian yang bagus dan berkualitas karena beberapa alasan, misalnya: untuk meningkatkan prestise, agar pakaian awet, tahan lama saat disimpan dan tidak mudah rusak saat dikenakan, terlihat lebih mewah, agar pemakainya terlihat berkelas, dan lain-lain.

Yang jelas, batik berkualitas bagus pasti dihargai lebih mahal dibandingkan batik berkualitas biasa-biasa saja. Hal tersebut wajar, mengingat proses pembuatannya memakan waktu yang lebih lama. Karena dibuat secara lebih teliti dan menggunakan bahan-bahan terbaik, demi terciptanya pakaian yang benar-benar nyaman untuk digunakan.

Bagi kamu yang berencana beli batik dalam waktu dekat ini, berikut trik atau cara mengidentifikasi baju batik yang bagus dan berkualitas.
  • Identifikasi terlebih dahulu bahan (kain) yang digunakan. Jenis kain yang digunakan untuk batik bermacam-macam. Mulai dari kain katun, kain mori, kain paris, kain serat nanas, sampai sutra. Kain sutra merupakan jenis kain yang indah, lembut, kuat, dan terkesan istimewa saat dikenakan.Umumnya batik sutra berharga sangat mahal mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan.
  • Pilih batik berdasarkan proses pembuatannya. Di bumi Nusantara, ada macam-macam batik yang dibedakan berdasarkan daerah asalnya. Ada batik Solo, batik Pekalongan, batik Sunda; dan bahkan ada juga batik-batik luar daerah Jawa seperti batik Kalimantan hingga batik Papua. Berbagai jenis batik tersebut umumnya dibuat dengan proses manual, cap, atau printing. Proses pembuatan batik secara manual dengan menggunakan tangan dan bantuan canting (batik tulis) merupakan jenis batik yang berharga mahal karena dianggap lebih artistik dan proses pembuatannya pun memakan waktu berbulan-bulan.
  • Pilih batik yang dibuat dengan menggunakan tinta berkualitas. Kualitas tinta yang digunakan untuk membuat batik sangat mempengaruhi keawetan motif batik itu sendiri. Apabila tinta yang digunakan adalah tinta berkualitas rendah, jangan heran apabila batik yang kamu beli luntur saat dicuci dan mudah pudar warnanya setelah pemakaian beberapa kali.
  • Perhatikan kualitas jahitannya. Sangat mudah membedakan antara pakaian-pakaian berkualitas bagus dan rendah. Hanya dengan melihat jahitannya, sekilas kita akan bisa membedakan manakah yang dijahit secara teliti; dan yang dijahit secara asal-asalan. Selain kerapian jahitan, perhatikan juga setuhan-sentuhan akhir dari sebuah pakaian.

Comments

Popular Posts