Penyebab Terjadinya Ruam Akibat Popok dan Cara Mengatasinya

Popok Merupakan salah satu perlengkapan bayi yang dibutuhkan. Popok akan dipakai setiap kali akan bepergian atau pun di rumah agar tidak terlalu sering mengganti celana. Namun, pemakaian popok yang terus-terusan akan menimbulkan rumah pada bayi. Berikut kondisi yang menjadi penyebab terjadinya ruam pada bayi Anda.


1. Popok Terlalu Basah

Popok yang terlalu basah akan membuat kulit bayi menjadi lembap. Saat inilah air urin dan bakteri pada kotorannya dapat merusak kulit bayi Anda karena membentuk amonia. Terlebih bagi bayi Anda yang memiliki kulit sensitif akan lebih cepat terjadi ruam. Anda perlu selalu berhati-hati dan rutin mengganti popok bayi.

2. Adanya Luka atau Akibat Bahan Kimia

Ruam pada bayi dapat terjadi jika adanya luka pada kulitnya terutama pada bagian selangkangan. Luka yang terjadi adalah akibat dari gesekan popok ke kulit bayi Anda. Ditambah lagi bayi Anda memiliki kulit yang sensitif dengan bahan kimia. Anda harus teliti dalam memperhatikan kulit bayi.

3. Terjadinya Infeksi Bakteri

Ketika daerah di sekitar pemakaian popok terasa sangat hangat dan terlalu lembap akan memicu terjadinya infeksi bakteri. Bakteri akan berkembang, menimbulkan gatal dan kemudian akan menimbulkan ruam terlebih pada bagian lipatan-lipatan kulit bayi.

Cara Mengatasi Ruam Akibat Popok

Cara mengatasi terjadinya ruam dapat Anda lakukan dengan mengganti popok bayi secara berkala dan pastikan bobok yang dipakai masih dalam keadaan kering dan bersih. Saat mengganti popok, biasakan untuk membilas daerah pemakaian popok pada bayi Anda menggunakan air.

Bisa juga dengan mengelap dengan menggunakan kapas higienis atau handuk yang telah direndam air hangat. Selanjutnya jangan langsung memakaikan popok, berikan sedikit waktu agar kulit bisa bernafas lega sekitar 10 sampai 15 menit.

Anda juga dapat mengatasinya dengan pemberian krim ruam akibat popok kepada bayi Anda. Krim ini akan membantu Anda mengatasi ruam yang terjadi pada area kulit bayi yang tertutup popok, terutama pada bagian selangkangan. Krim ruam untuk bayi ini juga akan membantu Anda merawat kelembutan dan kehalusan kulit bayi.

Anda bisa mendapatkan krim ruam akibat popok untuk bayi ini di promo ramadhan yang disediakan oleh Orami. Adanya jenis krim ruam yang tersedia dengan harga diskon 30% untuk setiap pembeliannya. Di dalam krim akan ada kandungan seperti zinc oxide yang berfungsi untuk melindungi kulit bayi dari ruam dan iritasi ringan.

Ada juga kandungan castor oil yang dapat menjaga kelembutan dan kelembapan kulit. Dilengkapi juga dengan kandungan sunflower oil yang kaya vitamin E sehingga dapat menutrisi kulit bayi Anda. Pastinya krim ruam untuk bayi ini juga low irritant formula yang dijamin tidak menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Selain itu krim ruam juga tidak lengket dan menyerap.

Anda harus cermat dalam memperhatikan keamanan kulit bayi selama pemakaian popok. Pastikan juga popok yang digunakan tidak terlalu besar dan pastikan popok yang dibeli ialah popok yang memiliki daya serap yang tinggi. Jika bayi Anda mengalami iritasi yang berlangsung lama, bawa bayi Anda ke dokter untuk berkonsultasi.

Comments

Popular Posts