Skip to main content

Featured

Inilah 3 Upaya Menghemat Energi di Industri yang Harus Anda Ketahui

Kebutuhan solusi listrik untuk industri kini semakin mudah untuk dilakukan karena banyak perusahaan kelistrikan swasta siap memberi bantuan. Bantuan kelistrikan ini memang sangat penting untuk dicari dan disediakan karena bisa membantu proses apapun di dalam industri baik produksi maupun operasional di bagian office. Industri dikenal sebagai pabrik atau perusahaan yang konsumsi energinya sangat besar dan menariknya tak hanya energi listrik. Sebab industri juga menyerap energi lain dalam jumlah besar seperti air, tanah, dan lain sebagainya.


Upaya Menghemat Energi di Industri Salah satu upaya untuk menunjang kegiatan operasional industri ini adalah dengan melakukan penghematan energi. Tujuannya untuk memastikan industri dapat bertahan ditengah banyaknya masalah yang menghambat kegiatan di dalamnya. Adapun upaya menghemat energi ini antara lain:

1. Mengurangi penggunaan lampu Penggunaan lampu di lingkungan industri memang cukup banyak, dimulai dari gerbang sampai bagian dalam gedung. S…

Inilah Alasan Banyak Orang Lebih Pilih Beli HP China daripada HP Samsung

“HP Cina?” Apa yang terlintas di otakmu ketika mendengar HP Cina?


HP yang gampang rusak, harganya murah, atau masuk sebagai barang selundupan (black market).
Mungkin itulah kesan-kesan yang kadang muncul ketika kita mendengar kata "HP Cina."

Tapi tau nggak sih? Dunia terus berkembang dan berubah. Produk-produk dari Cina, mulai dari smartphone hingga mainan, saat ini kualitasnya seringkali jauh di atas kualitas produk dalam negeri berlabel SNI sekalipun. Begitu juga dengan harganya yang miring bikin kita geleng-geleng kepala.

Belakangan, semakin banyak HP Cina yang menyerbu tanah air. Mulai dari merk Xiaomi, ZTE, Meizu, Oppo, Lenovo, Huawei, hingga OnePlus.

Smartphone-smartphone tersebut pasti sudah sangat familiar di telingamu bukan? Karena beberapa di antaranya justru adalah hp-hp yang memang dijual untuk memenuhi kebutuhan gadgeter high end. Seperti OnePlus, Huawei, hingga Oppo dan Xiaomi yang juga rajin menelurkan flagship disamping juga tetap menawarkan pilihan yang murah untuk kelas low end.

Beberapa tahun sebelumnya, masyarakat Indonesia cukup gandrung membeli smartphone merk Samsung. Alasan utamanya adalah karena Samsung berkualitas. Tapi dengan kehadiran hape berkualitas dari Cina, Samsung tidak lagi jadi pilihan utama. Mengapa? Inilah alasan banyak orang lebih pilih beli HP Cina daripada HP Samsung.

Harganya murah. Banyak HP Cina yang dijual dengan harga (kelewat) murah. Tapi bukan HP murahan, handphone-handphone tersebut lumayan berkualitas dan memiliki built-in quality yang bisa diandalkan.

Seperti Xiaomi, ZTE, dan Meizu. Beberapa waktu yang lalu, Xiaomi dan Meizu bahkan sempat menawarkan smartphone dengan harga Rp 999.000. Padahal, spesifikasinya sangat cocok apabila dihargai Rp1.3-1.5 juta rupiah.

Kualitas yang ditawarkan cukup handal

Kalau dulu kita masih beranggapan bahwa produk Cina adalah produk abal-abal yang kualitasnya rendah. Sekarang hal tersebut sangat jarang kita temukan. Bahkan sebagian besar produk yang datang dari Cina merupakan produk-produk berkualitas tinggi.

Memberikan fitur yang lumayan lengkap

Bukan rahasia apabila smartphone yang dijual dengan harga murah biasanya fitur-fiturnya dipangkas cukup banyak. Tapi smartphone China, justru sebaliknya. Mereka banyak menawarkan perangkat dengan harga yang murah tanpa memangkas fitur-fitur.

Jadi jangan heran, walaupun berharga murah kadang-kadang smartphone China fiturnya setara hape mahal. Bahkan tidak jarang yang lebih lengkap dibandingkan dengan smartphone berharga lebih mahal yang dikeluarkan oleh Samsung.

Smartphone China menggunakan teknologi yang kurang lebih sama dengan keluaran Samsung

Konsumen saat ini makin pintar dan cerdas. Mereka tahu bahwa hardware yang tertanam pada sebuah smartphone tidak jauh berbeda satu sama lain. Processor misalnya, kebanyakan smartphone modern menggunakan chipset besutan Qualcomm, MediaTek, Kirin, atau Samsung. Begitu juga dengan kameranya, banyak yang menggunakan kamera buatan Sony, OmniVision, Toshiba, atau Samsung. Jadi, kalo bisa dapet hape dengan kualitas yang mirip dan hardware yang sama, ngapain harus bayar lebih mahal?!

Comments

Popular Posts