Skip to main content

Featured

Inilah 3 Upaya Menghemat Energi di Industri yang Harus Anda Ketahui

Kebutuhan solusi listrik untuk industri kini semakin mudah untuk dilakukan karena banyak perusahaan kelistrikan swasta siap memberi bantuan. Bantuan kelistrikan ini memang sangat penting untuk dicari dan disediakan karena bisa membantu proses apapun di dalam industri baik produksi maupun operasional di bagian office. Industri dikenal sebagai pabrik atau perusahaan yang konsumsi energinya sangat besar dan menariknya tak hanya energi listrik. Sebab industri juga menyerap energi lain dalam jumlah besar seperti air, tanah, dan lain sebagainya.


Upaya Menghemat Energi di Industri Salah satu upaya untuk menunjang kegiatan operasional industri ini adalah dengan melakukan penghematan energi. Tujuannya untuk memastikan industri dapat bertahan ditengah banyaknya masalah yang menghambat kegiatan di dalamnya. Adapun upaya menghemat energi ini antara lain:

1. Mengurangi penggunaan lampu Penggunaan lampu di lingkungan industri memang cukup banyak, dimulai dari gerbang sampai bagian dalam gedung. S…

Inilah Alasan Kamu Harus Tidur Sebelum Jam 10 Malam

Ketika usia masih muda, masih di bawah 30 tahun, tubuhmu pasti sangat kuat dan bisa diandalkan untuk melakukan berbagai aktivitas berat. Mulai dari multitasking, begadang, jarang makan, hingga makan tidak teratur. Bahkan ketika kamu jarang makan sayur dan buah-buahan sekalipun, tubuhmu tampak tetap bugar dan seolah-olah tidak akan sakit.


Tapi ingat, itu hanya terjadi ketika kamu masih muda. Kebiasaan buruk atau gaya hidup tidak sehat yang kamu jalani akan kamu tuai hasilnya ketika kamu berusia 30 tahun ke atas.

Salah satu gaya hidup tidak sehat yang sering kita jalani adalah jarang tidur di malam hari (sering begadang).

Seperti kata Bang Rhoma di lagunya, “begadang” sangat merugikan dan sebaiknya tidak sering dilakukan. Karena kurang tidur atau jarang tidur di malam hari bisa menimbulkan berbagai masalah.

Menurut ahli kesehatan, kita dianjurkan tidur minimal 8 jam di malam hari. Dan sebaiknya tidur dilakukan sebelum jam 10.00 malam. Mengapa? Inilah alasan kamu harus tidur sebelum jam 10.00 malam.

Agar kamu bisa bangun lebih pagi

Bagi kamu yang beragama Islam, kamu sudah pasti harus bangun saat subuh. Tapi kalau kamu tidurnya kemalaman, bisa saja kamu bangun setelah matahari terbit. Pertanyaannya. Kalau kamu bangunnya setelah matahari terbit, trus... kamu mau Sholat Subuh atau Sholat Dhuha? Nah kan... hehehe

Bagi kamu yang beragama selain Islam, kamu pun tetap wajib bangun pagi karena sejumlah alasan berikut ini:
  • Orang yang suka bangun pagi cenderung punya prestasi bagus di sekolah maupun di tempat kerja
  • Bangun pagi bisa membantu kita mempertahankan berat badan
  • Bangun lebih awal bikin kita sempat buat mandi dan masak serta sarapan
  • Menurut penelitian, orang yang rajin bangun pagi cenderung memiliki tingkat produktivitas yang tinggi di tempat kerja
  • Bangun lebih awal akan memberikan kesehatan mental yang lebih baik
  • Sempat buat berolahraga
  • Bangun pagi ternyata bisa membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari lho

Begadang sering bikin lapar dan bikin badan cepat gemuk

Siapapun yang sering begadang pasti sering merasakan lapar. Padahal, mereka baru saja selesai makan malam. Kok bisa sih? Salah satu penyebab mengapa kita sering merasa lapar di malam hari adalah karena tubuh kita membutuhkan lebih banyak energi untuk terjaga.

Itulah sebabnya mengapa kita sering pengen makan di kalo begadang, terutama mengidamkan makanan yang banyak mengandung karbohidrat atau sumber energi yang minim vitamin dan mineral.

Terlalu banyak makan makanan sumber karbohidrat akan membuat tubuh cepat gemuk. Apalagi kalau dikonsumsi beberapa saat sebelum beranjak tidur.

Untuk memberikan kesempatan bagi tubuh dan mental buat beristirahat

Setelah diforsir seharian, tubuh kita, otak kita, dan juga mental, sangat membutuhkan waktu untuk beristirahat. Memaksakannya bekerja hingga malam hari akan membuat tubuh, otak, hingga mental mudah mengalami kemunduran dan kemerosotan tingkat kesehatan.

Jadi, jangan heran apabila melihat orang yang sering begadang dan jarang beristirahat cenderung berumur lebih pendek, lebih mudah terkena penyakit, dan mentalnya tidak stabil.

Untuk menekan resiko terkena penyakit jantung dan stroke

Tahukah kamu? Dalam 15 studi ditemukan bahwa tidur kurang dari 7-8 jam setiap malam dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Comments

Popular Posts