Skip to main content

Featured

Inilah 6 Bahan Makanan yang Kaya Akan Senyawa Zinc

Alasan Kenapa Poni (Notch) iPhone X Banyak yang Niru

Sejak diluncurkan pada bulan November tahun 2017 lalu, iPhone X seolah-olah menjadi kiblat untuk desain smartphone modern. Sejak kemunculan smartphone besutan Apple tersebut, semakin banyak vendor smartphone yang berlomba-lomba menghadirkan flagship dengan “poni” (notch). Tentu saja, Kehadiran notch pada smartphone berbasis Android membuat banyak fans-nya yang merasa kecewa, karena vendor-vendor sekelas Asus hingga Oppo terlihat seolah-olah kehabisan ide untuk menghadirkan model yang khas dan baru.

iPhone XR

Walaupun mereka berusaha mengatakan “poni” smartphone mereka lebih kecil dan ramping, tapi tetap saja, siapapun sudah tau bahwa desain tersebut adalah desain tiruan. Lalu apa alasan kenapa poni (notch) iPhone X banyak yang niru?

Baca juga: Alasan Mengapa Harus Ganti HP 2 Tahun Sekali

Saya pribadi, yakin bahwa banyak vendor smartphone lain tidak ingin meniru desain smartphone Apple, namun kondisi yang sangat sulit membuat banyak vendor terpaksa melakukannya. Karena tanpa notch semuanya jadi terasa lebih sulit. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa alasan kenapa poni di iPhone X banyak yang jiplak.

Desain iPhone X terlihat unik dan kekinian

Bukan rahasia apabila sejak dahulu banyak vendor smartphone berbasis Android yang meniru desain iPhone. Setelah tidak berkembang selama bertahun-tahun, kehadiran iPhone X adalah oase bagi penggemar gadget yang selama ini menantikan kehadiran inovasi atau desain baru dari sebuah smartphone. Tak pelak, layar lebar dan bezel minim yang diusung Apple kemudian menjadi acuan bagi para pesaing.

Memindahkan posisi kamera berarti menambah biaya

Alasan lain mengapa poni pada iPhone X banyak yang meniru adalah karena, poni tersebut bukan hanya ciri khas belaka. Melainkan, ini adalah tempat: kamera depan, sensor cahaya, hingga speaker untuk panggilan telepon berada (sejak zaman nggak enak).

Baca juga: Kumpulan HP Android Harga 1-2 Jutaan

Mengubah posisi berbagai fitur tersebut ke tempat lain, misalnya ke bawah, akan memaksa vendor untuk mengubah desain hardware secara keseluruhan. Dan tentu saja, hal tersebut akan membutuhkan biaya serta waktu yang tidak sedikit. Nah, daripada mendesain ulang hardware dan lain-lain, maka opsi yang paling masuk akal adalah, membiarkan posisi fitur-fitur tersebut seperti dulu--dengan “poni” sebagai dudukan.

Itulah alasan kenapa poni (notch) iPhone X banyak yang niru. Kalau kamu penasaran dengan smartphone apa saja yang sudah menggunakan poni saat ini? Kamu bisa lihat daftarnya di bawah ini:
  1. Xiaomi Mi 8, Explore edition, dan Mi SE
  2. OnePlus 6
  3. Honor 10
  4. Oppo F7
  5. Zenfone 5 (2018) dan 5Z
  6. Huawei P20 Pro dan P20 Lite
  7. Vivo V9
  8. LG G7 ThinQ
  9. Oppo R15, dan lain-lain

Cukup banyak juga yah yang meniru poni iPhone ini. Dan pastinya bakal ada model HP lain yang berponi di masa mendatang. Lihat saja di pasaran, kamu akan terkejut dengan fakta ini.

Comments

Popular Posts