Skip to main content

Featured

Kenalan Lebih Dekat Dengan Jenis Kuliah Online? Cek Yuk Detailnya!

7 Jenis Makanan Sumber Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh tubuh karena bisa menghasilkan energi. Tanpa karbohidrat, tubuh kita akan lemas dan lesu sehingga tidak bisa beraktivitas secara optimal.


Pada umumnya, masayarakat hanya mengetahui nasi sebagai sumber karbohidrat. Padahal masih banyak jenis makanan lain yang mengandung karbohidrat. Apakah anda belum mengetahuinya?

Untuk menambah wawasan anda, silahkan simak ulasan kami tentang 7 Jenis Makanan Sumber Karbohidrat menurut Dokter Boyke. Selengkapnya silahkan anda baca di bawah ini;

7 Jenis Makanan Sumber Karbohidrat


Kentang

Kentang adalah salah satu makanan sumber karbohidrat yang bisa menggantikan peran nasi sebagai sumber energi. Hal tersebut dikarenakan kentang memiliki banyak kandungan pati, sehingga bisa menimbulkan efek kenyang dalam jangka waktu lama. Selain itu, kentang juga bisa menghasilkan kalori dalam jumlah yang cukup banyak.

Ubi Jalar

Ubi jalar bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Jenis makanan ini sangat cocok dikonsumsi bagi mereka penderita maag, diabetes, dan radang sendi. Selain karbohidrat, makanan ini juga memiliki beberapa kandungan lain yang bagus untuk tubuh seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6, potasium, zat besi, serat, dan mangan.

Roti Gandum Utuh

Pada dasarnya semua jenis roti merupakan sumber karbohidrat yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Namun jenis roti yang kaya akan serat dan bisa memberi efek kenyang yang lama adalah gandum utuh. Jenis makanan ini biasanya dikonsumsi oleh masyarakat perkotaan.

Jagung

Selain bisa memberi energi, jagung juga memiliki kandungan serat dan asam folat yang baik untuk tubuh. Jagung sudah dijadikan sebagai makanan pokok oleh beberapa masyarakat di Indonesia khususnya bagian timur seperti Madura dan Nusa Tenggara Timur.

Beras Merah

Beras merah sangat kaya akan serat sehingga tak heran jika jenis makanan ini bisa dikategorikan sebagai penghasil karbohidrat. Beras merah sangat cocok dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani proses diet, karena beras merah bisa mengurangi jumlah kalori jahat tanpa menghilangkan kalori baik. Dengan demikian, energi pada tubuh akan terpenuhi dengan baik namun berat badan tetap terkontrol.

Sayuran Hijau

Beberapa jenis sayuran hijau seperti brokoli, kubis, dan bayam bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat. Selain itu, jenis makanan tersebut juga bisa menghindari resiko terjadinya penyakit jantung dan kanker. Sayuran hijau sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Asupan kalori akan tetap terpenuhi dengan baik tanpa resiko terjadinya kegemukan. Dengan demikian anda bisa mendapat tubuh yang langsing dan proporsional.

Kacang-kacangan

Kacang-kancangan memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang bisa membuat perut kenyang dalan jangka waktu lama. Selain itu, jenis makanan ini juga mengandung sejumlah nutrisi penting seperti protein, vitamin, dan serat. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi jenis makanan ini secara rutin.

Nah itulah beberapa Jenis Makanan Sumber Karbohidrat yang kami rangkum dari tips kesehatan milik salah satu dokter terkenal di Indonesia. Jika anda bosan memakan nasi, maka anda bisa memilih salah satu jenis makanan di atas untuk dijadikan makanan pokok atau sumber energi.

Dengan demikian, anda bisa mencoba banyak variasi makanan untuk dikonsumsi sehari-hari. Beberapa jenis makanan tertentu dari daftar di atas juga bisa membantu proses diet atau menurunkan badan. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi anda, karena bisa menurunkan berat badan tanpa harus menempuh proses yang sulit. Anda akan tetap mendapat asupan karbohidrat yang cukup meski sedang dalam proses diet. Sekian ulasan dari kami tentang Jenis Makanan Sumber Karbohidrat, semoga bermanfaat.

Comments

Popular Posts