Skip to main content

Featured

Teknologi Ionisasi Pristine 8+

Inilah 3 Upaya Menghemat Energi di Industri yang Harus Anda Ketahui

Kebutuhan solusi listrik untuk industri kini semakin mudah untuk dilakukan karena banyak perusahaan kelistrikan swasta siap memberi bantuan. Bantuan kelistrikan ini memang sangat penting untuk dicari dan disediakan karena bisa membantu proses apapun di dalam industri baik produksi maupun operasional di bagian office. Industri dikenal sebagai pabrik atau perusahaan yang konsumsi energinya sangat besar dan menariknya tak hanya energi listrik. Sebab industri juga menyerap energi lain dalam jumlah besar seperti air, tanah, dan lain sebagainya.


Upaya Menghemat Energi di Industri

Salah satu upaya untuk menunjang kegiatan operasional industri ini adalah dengan melakukan penghematan energi. Tujuannya untuk memastikan industri dapat bertahan ditengah banyaknya masalah yang menghambat kegiatan di dalamnya. Adapun upaya menghemat energi ini antara lain:

1. Mengurangi penggunaan lampu

Penggunaan lampu di lingkungan industri memang cukup banyak, dimulai dari gerbang sampai bagian dalam gedung. Setiap lampu memakan energi listrik cukup besar apalagi jika lampu di dalam gedung sudah aktif dinyalakan sejak pagi sampai paginya lagi. Maka dihimbau untuk melakukan MEP supaya konstruksi bangunan mensuplay pencahayaan alami dengan menyediakan kaca yang cukup banyak.

2. Daur ulang limbah air

Penggunaan air di lingkungan industri juga cukup tinggi pasalnya disini menyerap banyak tenaga kerja. Per harinya kebutuhan untuk keperluan di toilet maupun keperluan wudhu ketika sholat akan mengkonsumsi air dalam jumlah besar. Maka lingkungan industri baiknya bijak dalam mengelola limbah air, karena ketika bisa diolah nantinya bisa dipakai untuk menyiram tanaman di area taman industri. Penghematan air pun menjadi lebih maksimal dan tak ada yang terbuang sia-sia.

3. Perawatan berkala pada mesin-mesin produksi

Melakukan perawatan rutin pada perlengkapan dan mesin industri menjadi bagian penting untuk menghemat energi. Pasalnya ketika mesin ini tidak rutin dicek dan dirawat dijamin akan mudah usang dan sering rusak. Tentu tinggi, apalagi jika membiarkan mesin tua beroperasi padahal kemampuan produksinya sangat kecil. Melakukan penghematan sangat penting termasuk untuk penyediaan energi listrik di industri tersebut, maka jalin saja kerjasama dengan Sewatama yang juga menyewakan load bank maupun perangkat kelistrikan berkualitas lainnya.

Comments

Popular Posts