Skip to main content

Featured

Teknologi Ionisasi Pristine 8+

Menilik Kampung Berseri Astra di Desa Wisata Kemuning dan Desa Wisata Gedangsari

Kita semua tentu sepakat bahwa kemajuan suatu peradaban bangsa tidak bergantung pada tangan pemerintah saja. Ya, memajukan harkat dan martabat bangsa adalah tugas kita semua. Hal inilah yang ingin ditunjukkan oleh PT Astra International (Tbk) melalui program Kampung Berseri Astra. Jadi, selain menyediakan kendaraan bermotor yang mumpuni, Astra juga peduli akan peningkatan taraf hidup masyarakat.


Kampung Berseri Astra atau KBA ini merupakan program yang diberikan kepada masyarakat dengan mengusung 4 pilar program (Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan). Lebih dari itu kegiatan ini juga sebagai bentuk Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra sehingga kampung yang dipilih oleh Astra akan terus didampingi secara berkesinambungan. Salah satu KBA tersebut adalah desa wisata Kemuning dan desa wisata Gedangsari.

Desa Wisata Kemuning dan Desa Wisata Gedangsari

Kedua desa wisata ini berlokasi di Gunungkidul. Batik adalah salah satu potensi yang dikembangkan dari desa-desa ini. PT Astra International (Tbk) memilih desa ini untuk dijadikan sebagai salah satu kampung yang Sehat, Bersih, Cerdas dan Produktif. Keempat poin ini bisa dilihat dari adanya Posyandu, bank sampah, PAUD atau TK serta adanya kegiatan produksi makanan khas seperti keripik, ubi dan lainnya.

Mulanya daerah Gunungkidul memiliki keadaan alam yang tandus. Akan tetapi, dengan adanya sinergi yang baik antara masyarakat, pemerintah setempat serta pihak lain akhirnya berhasil menjadikan Gunungkidul sebagai salah satu daerah yang unggul sektor wisatanya. Salah satu objek wisata unggulan dari desa ini adalah telaga Kemuning.

Telaga ini menjadi destinasi bagi masyarakat yang hobi memancing. Bahkan di sana juga terdapat pendopo pertemuan yang dimanfaatkan untuk even lomba memancing. Kawasan di sekitarnya juga bisa dimanfaatkan untuk berkemah. Lebih dari itu, di telaga ini juga disediakan MCK yang memadai dan ketersediaan air bersih yang cukup.

Obyek wisata yang ada di desa ini bukan hanya telaga Kemuning, ada pula hutan Wanagama, Batu Tapak Jaran, Air Terjun, Batu Payung dan Goa Asmara. Sementara itu, dari sektor budaya terdapat kesenian Wayang Kulit, Gamelan, Tari Pasukan Kuda Lumping, Kirab Budaya, hingga Tari Jathilan.

Keberhasilan Desa Kemuning dan Desa Gedangsari Menjadi Desa Wisata

Program Kampung Berseri Astra di desa Kemuning mulai dikembangkan sejak tahun 2016. Butuh waktu setidaknya tiga tahun sebelum akhirnya Astra memilih desa ini sebagai KBA. Hal ini disampaikan oleh Boy Kelana Soebroto selaku Head of Corporate Communications PT Astra International (Tbk).


Desa yang di dalamnya memiliki 113 Kepala Keluarga dengan jumlah warga sebanyak 357 orang ini memang potensial dijadikan sebagai kawasan wisata. Apa lagi mayoritas warganya merupakan petani dan peternak. Inilah yang kemudian membuat Suhardi selaku kepala desa merasa optimis untuk mendayagunakan tenaga muda yang ada di desa.

Prestasi lain yang pernah diraih oleh desa wisata KBA ini adalah ketika desa Kemuning ini didaulat sebagai tuan rumah Jambore Adiwiyata Astra yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Astra ke-60 dan Hari Bumi pada April 2017 lalu. Kegiatan Jambore ini diikuti oleh 250 murid serta guru-guru dari 70 Sekolah Adiwiyata SD, SMP dan SMA dari 10 provinsi.

Sektor wisata di Gunungkidul ini telah berkembang sejak 2010 dan terus berkembang sampai hari ini. Bahkan 2017 lalu terhitung ada jutaan wisatawan yang bertandang ke desa ini dan menghasilkan pendapatan kurang lebih sebesar Rp. 28 M. Hal ini juga didukung adanya kemajuan teknologi informasi sehingga keberadaan objek wisata di desa ini dapat dengan mudah menyebar di kalangan masyarakat luas.

Comments

Popular Posts