Skip to main content

Featured

Ciri-ciri Minuman Susu yang Berkualitas Tinggi untuk Dikonsumsi

Inilah 6 Bahan Makanan yang Kaya Akan Senyawa Zinc

Anak-anak pada dasarnya memang belum bisa pilah-pilih makanan yang benar-benar bersih dan sehat untuk dikonsumsi, sehingga sering kali bermasalah dengan kesehatan pencernaan, salah satu diantaranya adalah rentan terkena diare. Masalah pencernaan yang ditandai dengan buang air besar secara terus menerus, dengan feses yang cair. Pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare ini hendaknya harus diketahui.


Zinc sendiri atau yang dikenal sebagai senyawa seng tersebut memiliki peran untuk mencegah agar nantinya diare tidak semakin bertambah parah sehingga menyebabkan resiko dehidrasi hingga kekurangan nutrisi dalam tubuh buah hati. Zinc ini bisa didapatkan dari beberapa jenis bahan makanan yang bisa dikonsumsi setiap hari, seperti:
  1. Kuning, bagian kuning telur ini tak hanya dikenal enak, melainkan juga paling kaya akan protein hingga zinc di dalamnya, sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi ketika tengah mengalami diare.
  2. Biji wijen, biji wijen banyak dimanfaatkan dalam pembuatan kue maupun makanan-makanan berat sebagai pelengkap, selain memiliki rasa gurih dengan aroma khas, nyatanya juga kaya akan kandungan mineral dan vitamin, termasuk diantaranya juga zinc terdapat di dalamnya.
  3. Tiram, makanan laut ini juga dikenal kaya akan vitamin dan senyawa-senyawa bermanfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk diantaranya adalah zinc, sehingga sangat bagus bagi yang menderita diare, konsumsilah dalam jumlah yang tepat, namun jangan berlebihan.
  4. Hati sapi, tak hanya enak, hati sapi juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, seperti kandungan zat besinya yang tinggi, begitu pula dengan senyawa seng atau zinc ini.
  5. Daging merah, sebaiknya pilihlah daging merah yang sedikit atau tidak mengandung lemak sama sekali. Selain proteinnya yang tinggi, maka senyawa penting lainnya seperti zinc.
  6. Jamur, jamur termasuk dalam sumber protein nabati yang juga kaya akan mineral penting bagi tubuh, termasuk juga ada zinc yang bagus untuk atasi diare.

Selain dengan konsumsi zinc, maka bisa juga ditunjang dengan mengkonsumsi probiotik untuk kesehatan saluran cerna. Bakteri baik ini bisa melawan bakteri jahat penyebab diare di dalam pencernaan.

Comments

Popular Posts