Featured

Yuk, Mengenal Gejala Pra Menstruasi dan Cara Mengatasinya

Setiap wanita akan mengalami gejala menjelang menstruasi selama beberapa hari. Contohnya, Anda merasa pusing, nyeri, lelah dan lain-lain. Oleh karena itu, Anda harus mengenal gejala tersebut agar Anda dapat mengatasinya dengan tepat sehingga mencegah menstruasi tidak lancar.


Gejala sebelum Menstruasi

Ada beberapa gejala yang akan dialami sebelum menstruasi. Berikut ini adalah beberapa gejala tersebut.
  1. Sakit kepala. Hal yang wajar dialami wanita sebelum menstruasi adalah merasa sakit kepala sehingga mengganggu aktivitas kerja Anda.
  2. Kembung. Selain nyeri dan pusing, Anda juga dapat merasa kembung. Hal ini wajar terjadi pada wanita menjelang menstruasi karena adanya perubahan hormon.
  3. Anda merasa lelah meskipun tidak megerjakan aktivitas berat.
  4. Emosi terganggu. Anda tiba-tiba mengalami perubahan suasana hati, perasaan lebih sensitif dan mudah marah. Kadang merasa sedih, tiba-tiba menangis, kadang bahagia, ceria dan lain-lain. Hal ini wajar dijumpai pada wanita menjelang menstruasi.
  5. Muncul Jerawat. Munculnya jerawat menjadi tanda wanita akan menstruasi. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon yang memicu produksi minyak berlebih. Dengan demikian, kulit berminyak, kotor dan dijumpai kulit mati sehingga pori-pori kulit tersumbat dan muncul jerawat.
  6. Nafsu makan sering berubah-ubah. Beberapa orang nafsu makannya justru meningkat menjelang menstruasi. Namun, ada juga yang kehilangan nafsu makan sampai perut terasa kembung. Perubahan nafsu makan berkaitan dengan aktivitas hormon di dalam tubuh sebelum menstruasi.
  7. Nyeri. Gejala yang umum dirasakan wanita saat pra menstruasi adalah nyeri dibagian perut. Selain itu, otot di seluruh tubuh tegang dan terasa pegal-pegal. Contohnya pegal pada bagian punggung, paha dan perut.
  8. Anda merasa haus sehingga harus banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.
  9. Payudara terasa nyeri dan perih saat disentuh.

Cara Mengatasi Gejala Menjelang Menstruasi

Ada beberapa cara untuk mengatasi gejala menstruasi yang cukup mengganggu tersebut. Anda bisa melakukan beberapa aktivitas berikut.
  1. Rajin olahraga. Olahraga menjadi solusi tepat mengatasi gejala sebelum menstruasi. Contohnya jogging, senam, bersepeda, yoga dan lain-lain.
  2. Mengontrol emosi. Anda dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan agar suasana hati Anda bahagia. Contohnya, melukis, bermain game, memasak dan lain-lain.
  3. Tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi. Hal ini dikarenakan kafein menyebabkan payudara Anda bengkak.
  4. Banyak mengkonsumsi makanan berserat tinggi seperti buah dan sayur.
Setelah Anda mengetahui gejala dan menjalankan cara mengatasinya, semoga aktivitas sehari-hari Anda tetap lancar seperti biasanya.

Comments

Popular Posts