Skip to main content

Featured

Gusi Sering Berdarah? Ketahui Penyebab serta Cara Mencegahnya

Berikan Cara Belajar Membaca Anak yang Menyenangkan dengan Tips Ini

Si kecil perlu diajarkan membaca dari sejak dini agar saat masuk usia sekolah mereka menjadi lebih gampang menyerap isi buku-buku yang diberikan. Tapi, buat mengajarkannya jangan asal diberikan, kamu sebagai orang tua atau pendampingnya perlu memberikan cara belajar membaca anak yang menyenangkan agar mereka nggak memberontak saat belajar.


Sebenarnya memberikan pengajaran membaca di usia dini juga menjadi bagian yang pola asuh yang pas. Kalau sudah dibiasakan dari sejak kecil, nanti kebiasaan itu bisa terbawa sampai besar. Mereka bisa mendapatkan banyak ilmunya dari buku-buku yang mereka baca. Seperti kata pepatah, kian berisi kian merunduk kan?

Ada banyak cara sih yang bisa kamu terapkan kepada si kecil saat mengajaknya belajar membaca. Lihat dulu saja beberapa tipsnya di bawah ini agar kamu bisa gampang dan memberikan cara yang menyenangkan buat mereka.

1. Sediakan ragam buku

Ada cara yang sangat efektif dan ampuh banget buat mengajarkan si kecil membaca, yakni menciptakan lingkungan membaca dari sejak dini buat buah hatimu. Memberikan buku-buku dengan banyak macamnya, membuat mereka nggak ada bosannya buat membaca.

Kamu bisa mencari buku bersama si kecil di toko buku dan biarkan mereka memilih buku favoritnya. Di rumah, letakan di lemari yang gampang dijangkau agar mereka gampang mengambilnya.

Bisa juga setelah beberapa hari, kamu lakukan saja rotasi buku agar mereka nggak bosan melihat barisan buku yang itu-itu saja. Selain itu, dukung minat membacanya dengan mengajaknya belajar membaca di waktu-waktu tertentu di awal. Kalau sudah terbiasa, pastinya mereka bisa ke ruang membacanya sendiri tanpa kamu ajak lagi.

2. Ikut bagian aktivitas membacanya

Sebagai orang tua, kamu perlu ikut langsung dalam proses perkembangan si anak. Meski kamu punya baby sitter, tetap saja kamu harus ambil bagian dalam segala prosesnya agar kemampuan mereka cepat meningkat dan kedekatanmu dengan si kecil tetap harmonis.

Sama juga saat meningkatkan belajar membaca anak. Kamu juga ikut berpartisipasi dengan kegiatan membacanya agar kemampuan mereka cepat berkembang. Banyak cara yang bisa kamu lakukan yaitu membacakannya cerita, menunjukan gambar-gambar tertentu, mengajarkannya huruf di dalam buku, dan sebagainya. Selain membantu mereka kemampuan membacanya, kamu juga sekalian mengajarkan mereka kosa kata yang baru, jadinya perbendaharaan katanya semakin banyak.

3. Buka komunikasi saat belajar membaca

Komunikasi memang sangat penting dilakukan demi perkembangan si kecil. Saat kamu mengajaknya membaca, teruslah berkomunikasi dengan mereka. Tanyakan atau bicarakan apa pun tentang cerita-cerita yang sedang kalian baca. Selain itu, tunjukan ke mereka gambar atau nama mana yang tepat. Pancing terus saja dengan menanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan cerita itu dari buku-buku favoritnya.

Nggak jarang juga mereka menanyakan banyak hal tentang cerita itu, seperti siapa orang itu, kenapa bisa terjadi seperti itu, dan sebagainya. Jelaskan pada mereka dengan bahasa anak-anak, artinya bahasa yang gampang mereka mengerti. Cara mengajarkan membaca ini juga sekaligus meningkatkan memori dan attension-nya.

4. Pilih buku sesuai umur

Nggak jarang orang tua memberikan asal buku yang penting si kecil mau membacanya. Padahal kebiasaan ini sangat buruk dilakukan. Memberikan buku yang nggak sesuai dengan umur si kecil bisa mempengaruhi perkembangan otak dan pola bahasanya nanti. Karena itu, kamu harus mencarikan buku yang sesuai dengan umur mereka.

Misalkan usia 3 tahun ke atas bisa diberikan buku cerita yang punya banyak gambar dan berwarna. Jangan lupa pilih kalimat yang pendek dengan tokoh-tokoh yang menarik. Buat mengajarkan si kecil pesan moral, lebih baik berikan buku dongeng, seperti Si Kancil, Bawang Merah Bawang Putih, dan sebagainya.

Tanamkan kebiasaan membaca dari sejak dini agar tumbuh kembangnya semakin baik. Jangan lupa lengkapi dengan gizi yang seimbang agar gampang menyerap cerita yang disampaikan.

Comments

Popular Posts