Skip to main content

Featured

Teknologi Ionisasi Pristine 8+

Cara Mengatasi Rambut Kering yang Harus Diketahui Kaum Hawa

Rambut kering merupakan kondisi yang tidak diingini wanita. Ciri rambut kering sendiri seperti terasa kaku, kasar ketika disentuh, mudah patah, mudah rontok, dan bercabang. Biasanya, penyebab rambut kering adalah paduan dari kebiasaan yang tidak baik dan lingkungan. Harus diketahui jika kondisi ini bisa diperparah karena penggunaan catok, terlalu sering mencuci rambut dan sering menggunakan pewarna rambut. Biasanya, para wanita mencari cara mengatasi rambut kering yang cepat dan instant.


Dampak dari rambut kering sering membuat wanita kurang percaya diri, karena rambut menjadi sulit diatur. Hal lain yang harus Anda ketahui adalah rambut berubah menjadi kering karena kulit kepala sudah tidak lagi memproduksi minyak secara optimal untuk menjaga kelembapan rambut.

Cara Mengatasi Rambut Kering Menggunakan Bahan Alami


Berikut beberapa tips mengatasi rambut yang kering dengan menggunakan bahan alami, antara lain:

• Minyak zaitun

Bahan alami pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi rambut kering adalah minyak zaitun. Minyak zaitun dapat mempertahankan kelembapan, melembutkan serta memperkuat rambut sampai ke batang. Sebenarnya tidak hanya minyak zaitun, namun ada beberapa jenis minyak yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut ini seperti minyak esensial, minyak almond dan minyak kelapa. Cara pengaplikasiannya pun mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak ke rambut, dan tunggu 30 menit. Setelah itu bilas sampai bersih.

• Telur

Cara mengatasi rambut kering yang berikutnya adalah menggunakan telur. Telur merupakan makanan yang memiliki kandungan lesitin yang cukup banyak. Kandungan lesitin ini berguna untuk menguatkan rambut rusak dan membuatnya berkilau dan lembab. Untuk pengaplikasiannya, Anda hanya perlu mencampurkan telur, madu dan minyak zaitun. Aduk hingga merata dan oleskan pada rambut.

• Alpukat

Memiliki kandungan vitamin E, A serta lemak jenuh, alpukat akan membantu memperbaiki kondisi rambut yang rusak serta menguatkan batang rambut. Pengaplikasiannya cukup mengoleskan alpukat ke rambut yang sudah dicuci bersih. Diamkan selama beberapa menit dan bilas hingga bersih.

• Lidah buaya

Kombinasi mineral, vitamin hingga asam amino yang berada di dalam lidah buaya dapat mengatasi rambut kering. Anda hanya perlu mencampurkan setengah gel lidah buaya serta minyak kelapa, campur dan oleskan secara merata pada rambut.

Tips Atasi Rambut Kering


Selain menggunakan bahan alami, untuk mempercepat penyembuhan, berikut beberapa tips lain yang dapat Anda lakukan, seperti:

• Memilih sampo khusus

Pastikan memilih sampo yang memiliki manfaat untuk mengatasi rambut kering. Selain itu hindari kramas setiap hari. Anda bisa mencuci rambut 2 hari sekali. Namun, saat melakukan banyak aktivitas di luar rumah, Anda bisa mencuci rambut setiap hari.

• Menggunakan vitamin rambut

Penggunaan vitamin rambut berguna untuk membantu rambut memperoleh nutrisi yang diperlukan. Saat memilih vitamin, ketahui jenis dan khasiatnya terlebih dahulu.

• Menggunakan penutup kepala

Bila banyak aktivitas yang Anda lakukan di luar ruangan, dan terkena sinar matahari, lebih baik gunakan topi agar rambut terhindar dari sinar matahari langsung. Sedangkan, untuk menghindari paparan klorin di kolam renang, Anda juga dapat menggunakan penutup kepala.

• Pilih pewarna rambut yang aman

Jika ingin mewarnai rambut, lebih baik pilih pewarna yang tidak merusak rambut dan aman. Baca keamanan penggunaan dan aturan pemakaian dengan baik. Sebelum menggunakannya, Anda bisa melakukan uji tempel di siku terlebih dahulu. Jika kulit terasa gatal, hindari menggunakan pewarna tersebut.

Cara mengatasi rambut kering di atas akan terlihat setelah Anda menjalaninya selama 2 minggu lamanya. Jadi, ikuti tips secara teratur ya.

Comments

Popular Posts