Skip to main content

Featured

Gusi Sering Berdarah? Ketahui Penyebab serta Cara Mencegahnya

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Sewa Apartemen

Sewa apartemen menjadi salah satu pilihan akomodasi yang banyak disukai oleh generasi milenial yang bekerja di area perkotaan. Bukan hanya menjadi pilihan akomodasi para pekerja, namun mereka yang bersekolah juga cenderung lebih memilih apartemen ketimbang rumah kos-kosan pada umumnya.


Meski banyak diminati, nyatanya memilih apartemen tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menyewa apartemen. Berikut ini adalah 5 hal yang harus Anda pastikan dengan seksama sebelum memutuskan untuk menyewa suatu unit di apartemen.

1. Mengenai Dekorasi Ruangan

Tidak semua pemilik apartemen mengizinkan penyewa untuk melakukan dekorasi terhadap ruangan di dalam apartemen. Dekorasi yang dimaksud di sini adalah dekorasi yang bisa merubah kondisi ruangan secara permanen seperti mengecat ruangan, menempeli wallpaper, ataupun memaku dinding.
 
Pemilik biasanya menerapkan aturan bahwa apartemen harus dikembalikan dalam keadaan semula setelah Anda keluar dari apartemen. Atau kalau kalian tidak mengembalikan kondisi ke awal, maka deposit yang Anda berikan di awal tidak akan dikembalikan.

2. Memastikan Kondisi Lahan Parkir

Jika Anda memiliki kendaraan, maka wajib hukumnya bagi Anda untuk memastikan ketersediaan lahan parkir maupun harga sewa parkir per bulannya kepada pemilik. Idealnya, tentu setiap unit memperoleh satu lahan parkir tersendiri. Meski begitu, di beberapa kasus bisa jadi masalahnya berbeda. Oleh karena itu, Anda sebaiknya melihat langsung kondisi lahan parkir terutama di malam hari.

3. Hal yang Dicover oleh Biaya Sewa

Biaya sewa di apartemen tidak hanya terkait dengan menyewa satu unit full. Sebaliknya, apartemen juga menerapkan beberapa biaya rutin bulanan seperti biaya kebersihan, listrik dan sebagainya. Untuk itu, sebelum mencapai kesepakatan dengan pemilik, pastikan apa saja yang telah dicover oleh biaya sewa yang Anda bayar. Selain itu, Anda juga sebaiknya bertanya terkait iuran bulanan apa saja yang ada di apartemen ini.

4. Kenaikan Biaya Sewa

Karena alasan inflasi dan sebagainya, tidak heran sebenarnya jika biaya sewa apartemen tiba-tiba naik ketika Anda ingin memperpanjang kesepakatan sewa. Untuk itu, jika sekiranya Anda sudah merasa cocok dengan apartemen dan mungkin akan tinggal lama di daerah tersebut, tidak ada salahnya jika Anda bertanya ke pemilik jumlah kenaikan biaya sewa yang biasanya diterapkan.

5. Sistem Keamanan

Hal satu ini menjadi salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan mengingat pilihan Anda menginap di apartemen adalah dikarenakan keamanannya lebih tinggi. Anda bisa bertanya terkait CCTV, bel di pintu ataupun kartu akses pribadi ke setiap unit.

Selain hal di atas, Anda juga perlu memastikan uang deposit yang Anda berikan. Pastikan dalam kondisi apa uang deposit Anda tidak dikembalikan oleh pemilik. Hal ini penting sebelum mencapai kesepakatan sewa apartemen.

Comments

Popular Posts