Skip to main content

Featured

Kenalan Lebih Dekat Dengan Jenis Kuliah Online? Cek Yuk Detailnya!

Apa Saja Sih yang Ditawarkan Oleh Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud?

Pendidikan menjadi modal penting bagi manusia untuk bisa memiliki ketrampilan dan keahlian yang berguna di masyarakat. Semakin tinggi pendidikan yang dimiliki maka kesempatan untuk bisa meraih hidup yang sukses akan lebih terbuka lebar. Kini siapa saja bisa menempuh pendidikan hingga ke jenjang paling tinggi asalkan memiliki kemampuan dan prestasi serta kemauan yang kuat. Faktor ekonomi sudah bukan alasan untuk enggan meneruskan pendidikan karena banyak program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah melalui kementerian hingga program dari swasta dan perorangan. Salah satu program beasiswa yang bisa memberikan cakupan yang luas adalah beasiswa unggulan dari Kemendikbud yang baru saja dibuka.


Bulan Juli hingga Agustus lalu, kementrian pendidikan dan kebudayaan membuka program beasiswa untuk pelajar S1, S2 atau S3. Program beasiswa ini dibuka untuk umum dengan catatan memiliki prestasi sesuai dengan persyaratan yang diberikan. Dengan kata lain tak perlu berasal dari golongan keluarga yang kurang mampu untuk bisa mendapatkan beasiswa dari kementerian pendidikan dan kebudayaan ini jika memang Anda ingin melanjutkan pendidikan dengan prestasi yang dimiliki. Selain itu, beasiswa ini juga tak hanya diberikan untuk melanjutkan pendidikan di dalam negeri saja, bahkan hingga ke luar negeri sesuai dengan jurusan yang ingin ditempuh.

Tertarik untuk mendapatkan beasiswa dari Kemendikbud ini? Tunggu dulu, Anda belum mengetahui apa saja yang diberikan oleh beasiswa ini sehingga layak menjadi rebutan banyak orang. Berikut ini adalah cakupan beasiswa yang nantinya bisa Anda terima jika Anda dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa unggulan.

Biaya pendidikan

Tentu saja beasiswa akan memberikan biaya pendidikan yang dibutuhkan selama menempuh study baik S1, S2 maupun S3 sebagian atau keseluruhan.

Biaya penelitian

Biaya penelitian juga akan diberikan kepada mahasiswa S1 hingga S3 sesuai dengan kebutuhannya. Biaya ini akan semakin mahal jika Anda menempuh perkuliahan di luar negeri.

Biaya buku

Wajib membeli berbagai buku untuk literasi? Jangan khawatir, beasiswa Kemendikbud ini memiliki jatah untuk membeli buku yang Anda butuhkan.

Biaya hidup

Biaya hidup juga akan Anda dapatkan terutama untuk mereka yang kuliah jauh dari domisili. Namun ada beberapa program beasiswa yang harus menyertakan foto DPR, Rt, dan Dpr untuk mendapatkan tunjangan ini.

Biaya transportasi

Bagi calon mahasiswa perkuliahan di luar negeri, Anda juga akan mendapatkan biaya transportasi yang dibutuhkan untuk kesana dan pulang ke Indonesia.

Banyak sekali bukan manfaat yang akan Anda terima jika memiliki beasiswa ini? Untuk mendapatkannya tentu Anda harus bersaing dengan ratusan calon penerima beasiswa lainnya karena slot beasiswa ini terbatas. Meski begitu, tak ada salahnya mencoba berkompetisi untuk mendapatkan berbagai manfaat di atas. Untuk melihat persyaratan calon penerima beasiswa, Anda bisa membaca langsung melalui website Kemendikbud dimana terdapat link untuk langsung melakukan pendaftaran. Namun di tahun ini, beasiswa tersebut sudah menutup jalur pendaftaran sehingga Anda bisa mempersiapkan kembali tahun depan.

Dengan mendapatkan beasiswa unggulan dari kementrian pendidikan dan kebudayaan, Anda bisa meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi untuk mendapatkan keahlian dan pengalaman. Namun tentu saja hal tersebut perlu diiringi dengan perjuangan karena syarat prestasi adalah mutlak yang harus dimiliki oleh calon penerima beasiswa. Prestasi yang Anda harus miliki bukan hanya prestasi akademik namun juga bidang teknologi, budaya dan olahraga.

Comments

Popular Posts