Skip to main content

Featured

Kenalan Lebih Dekat Dengan Jenis Kuliah Online? Cek Yuk Detailnya!

Gusi Sering Berdarah? Ketahui Penyebab serta Cara Mencegahnya

Gusi merupakan salah satu bagian pada organ mulut yang sangat penting. Salah satu masalah yang sering dialami oleh organ gusi adalah gusi sering berdarah. Gusi yang sering berdarah bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kebiasaan menyikat gigi yang tidak benar ataupun karena memang adanya penyakit. Jika Anda sering mengalami keluhan ini, ada baiknya Anda mencari tahu penyebab dan cara pencegahan terbaiknya.


Faktor Penyebab Gusi Bisa Berdarah

Salah satu penyebab umum gusi sering berdarah adalah dikarenakan kebiasaan menggosok gigi yang kasar. Namun, ternyata masih banyak faktor penyebab lainnya yang harus Anda pahami.

1. Kekurangan Asupan Vitamin C serta K

Mungkin banyak orang yang tidak menyangka bahwa salah satu penyebab gusi berdarah adalah karena tubuh kekurangan asupan vitamin. Tubuh yang kekurangan vitamin C akan membuat penyembuhan luka menjadi lambat. Sementara vitamin K berfungsi membantu pembekuan darah. Ketika tubuh kekurangan dua vitamin ini maka lebih rentan mengalami pendarahan.

2. Periodontitis

Ketika Anda memiliki keluhan radang pada gusi namun tidak ditangani, hal ini akan menimbulkan infeksi pada gusi. Akibat infeksi atau periodontitis adalah tulang ataupun jaringan lunak penyangga gigi akan rusak dan menimbulkan gusi berdarah.

3. Radang Gusi

Adanya plak pada gigi yang menempel di gusi bisa menimbulkan radang pada gusi. Ketika plak ini mengeras dan terbentuk karang gigi, maka timbullah peradangan di gusi Anda. Hal tersebut akan membuat risiko pendarahan meningkat.

4. Leukemia

Leukemia merupakan kondisi kanker pada sel darah putih. Ketika sel darah putih meningkat jumlahnya menjadi tak terkendali, maka sel trombosit di tubuh akan menurun. Ketika sel trombosit yang berfungsi untuk menutupi luka berkurang hal ini akan rentan menimbulkan gusi berdarah.

Cara Mencegah Keluhan Gusi Berdarah

Gusi yang sering berdarah tentu sangat mengganggu. Keluhan ini dapat mengganggu aktivitas Anda mengunyah makanan karena rasa sakit yang timbul. Untuk itu Anda perlu untuk memahami bagaimana cara pencegahannya.

1. Menggunakan obat kumur

Salah satu penyebab gusi berdarah karena adanya bakteri pada mulut. Dengan menggunakan obat kumur, maka akan membantu membunuh bakteri tersebut.

2. Minum Air Putih dengan Cukup

Air putih sangat bermanfaat untuk tubuh tidak hanya untuk mencegah serangan berbagai penyakit, membantu metabolisme tubuh namun juga bermanfaat membersihkan gigi. Ketika Anda meminum air putih, maka sisa makanan pada gigi akan dibantu dibersihkan. Sisa makanan inilah yang sangat mungkin menimbulkan keluhan plak di gigi.

3. Hindari mengkonsumsi makanan terlalu panas dan dingin

Makanan atau minuman yang paling baik adalah yang suhunya normal alias tidak berlebih-lebihan. Jika Anda menyukai minuman dingin maka hindari mengkonsumsi minuman dingin yang terlalu dingin hingga membuat gigi ngilu. Sebaliknya, jika Anda menyukai makanan panas, hindari yang terlalu panas dan baru diangkat dari wajan. Tunggu sebentar hingga suhunya hangat.

4. Menggunakan sikat gigi lembut

Jauhi sikat gigi yang menggunakan bulu kasar dan tajam. Pilihlah sikat gigi dengan bulu yang lembut dan fleksibel. Selanjutnya cara menyikat gigi juga harus secara perlahan dengan cara memutar agar tidak menimbulkan abrasi pada email gigi.

5. Mengelola Stres

Anda juga harus memahami bahwa kesehatan mental yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik atau jasmani kita. Untuk itu, kelola lah stress dengan sebaik mungkin. Stress yang terkelola akan membuat penurunan kadar hormon kortisol yang memicu radang.

Apabila gusi sering berdarah terjadi terus-menerus, maka sebaiknya segera kunjungi dokter.

Comments

Popular Posts