Featured

Kenalan Lebih Dekat Dengan Jenis Kuliah Online? Cek Yuk Detailnya!

Sumber gambar: pixabay

Berkat kemajuan teknologi yang begitu cepat, berbagai kegiatan yang dilakukan saat ini berjalan dengan begitu mudah. Kemajuan teknologi sangat mempengaruhi gaya hidup masyarakat dewasa ini, termasuk di dalam dunia pendidikan. Dewasa ini kita mengenal istilah kuliah daring atau online, salah satu metode pendidikan yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Bagi yang sudah bekerja namun tetap ingin melanjutkan kuliah S1 misalnya, bisa mengambil kuliah online S1 di berbagai universitas yang menyediakan sistem kuliah ini.

Meski sama-sama disebut kuliah online dan kegiatan perkuliahan dilakukan secara online, namun ternyata jenis kuliah ini ada berbagai jenisnya seperti:

Kuliah Online Perguruan Tinggi

Versi kuliah online Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi ini diselenggarakan di berbagai kampus (Perguruan Tinggi) yang ada di Indonesia, untuk jenisnya sendiri seperti Cyber University. SPADA Indonesia (sistem pembelajaran daring Indonesia ) merupakan nama program kuliah online-nya, program yang dikembangkan oleh dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti. Program kuliah online ini bertujuan untuk meningkatkan pemerataan akses pembelajaran yang bermutu di tingkat perguruan tinggi, hal ini juga sekaligus menjawab tantangan era revolusi 4.0.

Dengan adanya kuliah online ini, sangat memungkinkan pegawai mengambil pendidikan lanjutan tanpa mengorbankan pekerjaan (kuliah sambil kerja). Selain itu dengan adanya SPADA Indonesia ini, diharapkan menjadi solusi dari berbagai tantangan dunia pendidikan yang ada mulai dari keterbatasan kapasitas, keterjangkauan PT yang kurang merata, SDM yang kurang memadai, rendahnya layanan pendidikan, dan rendahnya jaminan pemenuhan kebutuhan dari permintaan pendidikan tinggi bermutu.

Untuk proses pembelajaran mata kuliah online sendiri bisa dilakukan dengan Learning Management System (LMS) SPADA Indonesia atau bisa juga melalui LMS PT penyelenggara. Pihak SPADA Indonesia telah melakukan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi penyelenggara, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi sepuluh Nopember (ITS), Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara (BINUS), Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti , Universitas Pelita Harapan, dan AMIKOM.

Kuliah Online Level Kampus

Calon mahasiswa yang tidak memiliki banyak waktu luang karena sibuk bekerja, mengikuti kuliah online S1 tentu menjadi pilihan yang tepat. Bukan hanya PT yang terdaftar pada SPADA saja, namun kuliah online juga banyak diselenggarakan oleh dosen di berbagai kampus.

Jenis kuliah online ke-2 ini dilakukan oleh dosen kampus manapun, cara pelaksanaannya sangat beragam. Kuliah online level kampus bisa dilakukan melalui situs resmi kampus (kampus menyediakan halaman khusus untuk perkuliahan online), bisa juga dilakukan lewat laman kelas online yang dibuat pada website pribadi dosen (dengan memanfaatan blog).

Untuk proses perkuliahannya sendiri hakikatnya sama saja, yakni dengan sistem online, dilakukan dimanapun, tanpa tatap muka, serta membutuhkan perangkat elektronik dan akses internet. Untuk mengadakan kuliah ini, biasanya dosen mengubah materi perkuliahan dari face to face menjadi distance learning.

Tentu saja materi pembelajaran yang diberikan melalui jenis kuliah ini harus lebih lengkap dan lebih jelas dibandingkan saat pembelajaran face to face. Ada banyak contoh perguruan tinggi yang menyelenggarakan sistem kuliah ini, seperti e learning UNPAD, Scele UI, atau perguruan tinggi lainnya.

Kuliah Online Dosen

Berbeda dengan dua jenis kuliah online di atas, jenis kuliah ini dilakukan oleh dosen secara mandiri melalui website pribadinya. Dosen membuat website khusus dalam rangka melaksanakan jenis kuliah online, website tersebut bisa dikhususkan untuk mahasiswanya atau dibuka untuk umum.

Biasanya jenis kuliah online yang satu ini dibuat oleh dosen yang melek IT atau karena ia jarang ke kampus, sehingga digantikan dengan kelas online guna memberikan materi kuliah maupun melakukan kegiatan diskusi. Bagi yang mengincar kuliah sambil kerja, jenis dosen yang satu ini tentu menjadi idaman.

Saat ini ada banyak blog gratis yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan kuliah online, seperti Blogger dan Wordpress. Jika website tersebut hanya diperuntukan user tertentu, laman tersebut bisa di setel ‘privat’.

Kuliah Online Website

Jenis kuliah online satu ini yakni belajar melalui website yang disediakan oleh kampus yang membuka kelas jarak jauh, metode yang digunakan Massive Open Online Courses (MOOC). MOOC merupakan metode dimana pengguna internet dapat mengikuti berbagai jenis kursus yang diselenggarakan universitas, meskipun ia bukan mahasiswa universitas tersebut.

Ada banyak kampus yang menggunakan metode ini, beberapa diantaranya adalah kampus ternama seperti Harvard dan Oxford (contoh situsnya Coursera, edX, Open2Study, Future Learn, MIT Opencourseware, dll)

Ada banyak universitas yang bisa dipilih untuk melanjutkan kuliah online S1, mulai dari universitas negeri maupun swasta. Selain berbagai nama universitas yang tercantum di atas, saat ini berbagai universitas di Indonesia sudah mulai menggunakan sistem kuliah ini. Sayangnya sistem kuliah ini hanya berlaku pada jurusan tertentu saja, sedangkan untuk beberapa jurusan lainnya masih harus dilaksanakan secara konvensional.

Comments

  1. Saya ingin berbagi tips untuk yang mau kuliah online nih, berdasarkan pengalaman saya:
    1. Pastikan kampusnya sudah memiliki izin untuk menyelenggarakan kuliah online, sehignga kedepannya tidak berhenti ditengah jalan karena kampus tidak memiliki izin

    2. Pastikan kampusnya sedang tidak dalam keadaan buruk (keuangan,administrasi,perizinan,dll)

    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts