Skip to main content

Featured

Wujudkan Industri Sawit Berkelanjutan, Perusahaan Sukanto Tanoto Raih ISPO 100%

4 Tips Merawat Luka Diabetes

Luka pada penderita diabetes membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh dibandingkan dengan luka pada orang yang sehat. Bahkan, meskipun sudah ditangani dengan cepat pun, luka diabetes dapat terus menyebar hingga berakhir dengan penanganan amputasi. Luka diabetes tidak boleh diabaikan sekecil apapun itu, karena dapat memperparah keadaannya.


Nah, berikut adalah beberapa tips untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes yang dapat Anda lakukan.

1. Segera Obati

Ketika penderita diabetes mendapatkan luka, maka sebaiknya segera melakukan perawatan. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan luka dari kotoran dibawah air yang mengalir. Lalu, penderita juga harus membersihkan daerah di sekitar luka dengan sabun dan air setiap harinya. Setelah itu, keringkan dan oleskan salep antibiotik agar luka diabetes terbebas dari kuman.

2. Kurangi Tekanan pada Luka

Untuk mempercepat pengobatan luka diabetes, maka Anda harus menghindari tekanan pada daerah luka tersebut. Jika luka terjadi di telapak kaki, maka Anda dapat menggunakan bantalan yang empuk agar tidak menginjak daerah yang mengalami luka.

3. Perhatikan Tanda-tanda Infeksi

Infeksi pada luka diabetes dapat diketahui dari beberapa gejala, seperti timbulnya rasa sakit, kemerahan, dan terasa hangat. Selain itu, luka yang berair juga merupakan tanda dari infeksi.

4. Hubungi Dokter

Jika luka tidak terus membaik dalam waktu 48 jam, sebaiknya penderita segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jika tidak, maka ditakutkan luka akan terus bertambah parah sehingga akan lebih sulit untuk ditangani dan akan butuh waktu yang lama untuk sembuh.

Selain itu, guesehat.com juga menganjurkan penderita diabetes untuk menerapkan diet sehat untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes. Perawatan luka yang baik membutuhkan dukungan nutrisi yang baik sehingga penderita membutuhkan makanan yang sehat. Nutrisi yang penting seperti protein berfungsi untuk memperbaiki kulit dan jaringan yang rusak.

Agar aliran darah makin lancar sehingga luka diabetes lebih mudah sembuh, guesehat.com juga menyarankan penderita untuk melakukan olahraga secara teratur. Olahraga akan membantu dan merangsang agar aliran darah dapat berjalan lancar. Bagi penderita yang mengalami luka diabetes di telapak kaki, maka tunggulah hingga luka tersebut sembuh terlebih dahulu.

Comments

Popular Posts