Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Perut kembung merupakan salah satu kondisi yang bisa diderita oleh siapa saja. Apabila terjadi pada dewasa, biasanya mudah untuk dikenali dan juga mengatasinya. Akan tetapi apabila terjadi pada bayi maka kasusnya akan berbeda. Bayi belum bisa berkomunikasi dengan baik, sehingga tanda yang paling mudah untuk dikenali ketika mengalami perut kembung adalah bayi bisa menjadi rewel. Oleh karena itulah, selalu perhatikan dan cari tahu apabila bayi menjadi lebih rewel dari biasanya.

Kondisi perut kembung yang terjadi pada bayi bisa disebabkan karena beberapa hal. Seperti beberapa penyebabnya berikut ini:

  1. Penyebab pertama adalah karena makanan yang dikonsumsi ibu. Penyebab perut bayi kembung dapat terjadi karena bayi yang mengkonsumsi ASI dari makanan yang bisa menghasilkan gas secara berlebihan. Sehingga ketika ibu banyak mengkonsumsi kol, bawang bombai, atau kacang juga bisa membuat bayi mengalami kembung.
  2. Salah posisi ketika menyusui juga dapat membuat bayi kembung. Sehingga pastikan untuk mempunyai posisi yang tepat ketika menyusui yaitu agar bayi tidak menelan banyak udara.
  3. Laktosa berlebihan yang menyebabkan penumpukan gas.
  4. Sistem pencernaan bayi belum matang yang membuat bayi kembung.

 Adapun untuk cara mengatasi perut kembung pada bayi adalah:

  1. Bunda bisa menggosok perut bayi dan menghangatkan perut bayi menggunakan minyak telon bayi.
  2. Bunda juga bisa memberikan pijatan lembut di perut, punggung, atau dada.
  3. Memperbaiki posisi ketika menyusui.
  4. Memberikan air hangat.
  5. Posisikan bayi tengkurap yang membantu menekan gas perut.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi perut kembung adalah dengan menggunakan minyak telon. Pilih minyak telon terbaik yang tidak hanya menghangatkan tubuh bayi, tetapi juga bisa membantu ketika bayi mengalami perut kembung. Produk terbaik yang memberikan manfaat tersebut adalah Sleek Baby Telon Oil yang menawarkan manfaat terbaik dan lengkap. Sehingga bisa selalu disediakan di rumah untuk jaga-jaga. Bunda bisa membeli Sleek Baby Telon Oil ini di minimarket terdekat atau marketplace favorit.

No comments:

Post a Comment