Cara Mudah Atasi Wasir Saat Hamil

Wasir saat hamil menjadi keluhan yang begitu sering dialami oleh wanita. Tentu saja, sebagai ibu hamil, Anda akan cukup terganggu dengan masalah gangguan ini, apalagi wasir ketika hamil bisa membuat kurang nyaman.

Wasir merupakan kondisi saat pembuluh darah yang berada di dubur membengkak. Kondisi tersebut bisa dikenali dengan kemunculan benjolan yang berada di sekitar dubur dan dubur terasa nyeri, gatal bahkan mengeluarkan darah. 

Penyebab wasir ketika berada di masa kehamilan sendiri cukup beragam. Tetapi, sebagian besar adalah membesarnya ukuran rahim. Ketika hamil, rahim akan membesar secara terus menerus mengikuti pertumbuhan janin. 

Dengan bertambahnya ukuran rahim, tekanan di pembuluh darah sekitar dubur menjadi semakin meningkat sehingga aliran darah yang berada di sekitar panggul dan rahim menjadi terganggu, hingga akhirnya pembengkakan terjadi. 

Meskipun ukuran rahim yang membesar menjadi faktor akar penyebab wasir, namun wasir juga dapat disebabkan karena hal lain seperti sembelit. Ketika sembelit, tekstur tinja menjadi lebih keras, hingga akhirnya ibu hamil harus mengerahkan tenaga ekstra agar dapat mengeluarkannya. 

Cara Mengatasi Wasir Saat Hamil 

Sebenarnya, wasir nantinya akan menghilang ketika sang ibu sudah melahirkan. Namun, akan lebih baik jika Anda juga mencegah wasir memburuk dan mempercepat penyembuhan dengan beberapa cara seperti:

1. Mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan serat

Anda bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat tinggi seperti apel, chia seed, timun, serta mengkonsumsi banyak air agar bisa mengatasi BAB yang susah. 

2. Melakukan olahraga ringan dengan rutin

Selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi, Anda juga dapat melakukan olahraga dengan rutin. Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari, Anda bisa menanyakan jenis olahraga yang tepat untuk wanita hamil.

3. Menjaga kebersihan area dubur

Ketika membersihkan area dubur, lebih baik hindari menggunakan tisu basah yang beraroma atau sabun yang memiliki kandungan pewangi. 

4. Hindari terlalu lama berdiri atau duduk

Terlalu lama berdiri atau duduk dapat memberi tekanan pada wasir sehingga membuat wasir menjadi sulit sembuh atau malah memburuk. 

5. Senam kegel

Anda dapat mencoba melakukan senam kegel agar bisa melancarkan aliran darah serta mengencangkan otot yang berada di sekitar dubur. 

6. Hindari menahan BAB terlalu lama

Menahan BAB terlalu lama bisa membuat tinja menjadi semakin mengeras dan Anda harus mengejan dengan keras ketika ingin mengeluarkannya. 

7. Kompres area wasir

Agar bisa meredakan rasa sakit, Anda bisa mengompres area wasir dengan menggunakan es batu yang dibalut menggunakan kain selama kurang lebih 10 menit secara berkala. 

Perlu diketahui, apa saja yang Anda konsumsi selama hamil bisa mempengaruhi kondisi janin di dalam kandungan, oleh sebab itu jika Anda menggunakan cara mengatasi wasir saat hamil di atas, Anda harus tetap melakukan konsultasi pada dokter spesialis kandungan.

No comments:

Post a Comment