Tips Mempraktekkan Cara Diet untuk Anak

Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab anak mengalami obesitas seperti memiliki penyakit tertentu, faktor keturunan hingga pola makan yang memang tidak sehat. Kondisi obesitas pada anak tentu saja menjadi hal yang harus diperhatikan dengan cermat oleh orang tua. 

Obesitas sendiri adalah kondisi yang ditandai dengan berat badan berlebihan yang disebabkan karena penumpukan lemak yang berada di dalam tubuh. Bukan hanya orang dewasa, nyatanya anak-anak juga dapat terkena obesitas. 

Bila tidak dikontrol dengan baik, obesitas bisa meningkatkan risiko anak terkena penyakit seperti kolesterol, diabetes hingga hipertensi. Sayangnya, terkadang ketika ingin mengontrol anak, orang tua sering tidak tega mempraktekkan cara diet untuk anak

Tips Mengikuti Cara Diet untuk Anak

Ketika mendampingi buah hati menurunkan berat badan, Anda harus memastikan dengan baik untuk menerapkan pola makan yang sehat serta mengajak ia melakukan aktivitas fisik. Penurunan berat badan anak yang kegemukan harus dilakukan dengan bertahap.

Untuk anak dengan usia 6 hingga 11 tahun, penurunan berat badan tidak boleh lebih dari 0,5 kilogram dalam satu bulan. Sedangkan untuk anak remaja, target penurunan berat badan sebesar 1 kilogram perminggu. 

Berikut beberapa tips mengikuti cara diet untuk anak, antara lain:

Bicara berdua dengan anak

Berat badan menjadi hal yang sangat sensitive dibicarakan, lebih-lebih pada anak yang sudah beranjak remaja. Tetapi, jika hal ini tidak dibicarakan dengan baik, tentu dapat membahayakan kondisi psikologis dan fisik yang dimilikinya. 

Oleh sebab itu, topik berat badan harus disampaikan dengan cara yang baik. Anda harus mendukung serta mendampingi buah hati. Selain itu beri semangat agar ia terus menerus menjalani pola hidup yang sehat. 

Anda juga dapat membicarakan hal-hal yang memicu obesitas pada anak contohnya saja seperti stress yang dialaminya. 

Terapkan pola hidup yang sehat untuk anak

Ketika akan mengatur pola hidup sehat untuk buah hati, Anda harus memastikan untuk memberikan hidangan yang sehat serta melakukan aktivitas fisik bersama anak. Hindari menggunakan gadget serta menonton televisi secara berlebihan.

Selaiin itu, Anda juga dapat memilih makanan yang sehat dan disukainya. Perbanyak buah dan sayur. Buah dan sayur memiliki kandungan banyak serat sehingga bisa mengurangi rasa lapar serta bisa meningkatkan pemecahan lemak. 

Beri pujian

Tidak ada salahnya memberikan pujian pada anak ketika ia melakukan tindakan yang baik untuk menurunkan berat badan seperti, anak lebih memilih bersepeda dibandingkan dengan bermain gadget, atau anak lebih memilih mengkonsumi buah sebagai camilannya. 

Anda juga dapat mengajak anggota keluarga yang lain agar terus menerus memberikan dukungan serta menghargai seluruh hal positif yang dilakukannya secara konsisten. 

Dalam cara diet untuk anak, peran serta pola asuh yang dilakukan orangtua akan mempengaruhi serta dapat mengatasi masalah obesitas. Oleh sebab itu, damping anak ketika menjalani diet. 

No comments:

Post a Comment