5 Tips Mendapat Beasiswa Luar Negeri yang Bisa Dicoba

Berbicara mengenai pendidikan membawa Anda pada pemikiran masa depan. Pendapat tersebut menjadi sangat realistis karena bidang ini selalu dijadikan ajang untuk mencerdaskan anak bangsa. Setiap negara mempunyai sistemnya masing-masing. Semakin berjalannya waktu dunia pendidikan menjadi bentuk investasi masa depan yang dipercaya mampu membawa sang subjek pada gerbang kesuksesan. Belum lagi dukungan dari pemerintah yang memberikan berbagai jenis pendanaan. Mulai dari bidikmisi, unggulan, sampai dengan beasiswa luar negeri.


Sasaran ketiga beasiswa ini berbeda-beda. Pasalnya, terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku. Namun, bukan hanya dari dalam pemerintah yang memberikan. Pasalnya, terdapat beberapa kampus luar negeri yang memang sengaja membuka untuk para mahasiswa Indonesia. Contoh, Maudy Ayunda yang langsung mengikuti tes di perguruan tinggi terkemuka yaitu Harvard dan Stanford. Kedua universitas dunia tersebut memang mempunyai jenis tes yang berbeda.

Luar biasanya, aktris sekaligus penyanyi cantik ini mendapat kursi dari keduanya. Prestasi luar biasa bukan? Mengingat Harvard dan Stanford terkenal sebagai kampus yang mempunyai sistem pendidikan terbaik di dunia. Ketika Anda percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki tidak ada salahnya untuk mencoba. Dikutip dari wawancara eksklusif Najwa Shihab dan Maudy Ayunda. Dimana penyanyi Perahu Kertas ini mengatakan bahwa standar setiap negara dalam memberi beasiswa sangat beragam. Bekalnya hanya percaya akan skill yang dimiliki.

Tidak bisa dipungkiri jika nilai akademik memang menjadi patokan. Namun, bukan berarti nilai plus dalam bidang lain tidak mempunyai nilai. Anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai beasiswa dari berbagai laman online. Pastikan semua website yang diakses resmi miliki pemerintah maupun lembaga terkait. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat perubahan yang cukup signifikan. Hampir semua bidang mengalami dinamika yang membuat manusia kian kritis. Kondisi yang sama terjadi pada level pendidikan.

Dimana sekarang dunia ini menjadi ruang besar untuk para siswa melebarkan sayapnya. Mulai dari mengeksplor kemampuan diri, sampai dengan bersosialisasi. Kemajuan teknologi menambah sosialisasi yang terjadi bukan hanya sebatas lingkup kecil. Melainkan mampu menyebar menuju negara lain yang notabene mempunyai kultur berbeda. Nah, berikut tips mendapat beasiswa luar negeri, yaitu:
  1. Mempunyai motivasi tinggi. Perencanaan yang jelas termasuk salah satu langkah untuk mempermudah dukungan bagi diri sendiri. Motivasi terbesar ada pada diri Anda. Sehingga harus dipastikan semua dalam keadaan yang terkontrol.
  2. Berikutnya tentukan perguruan tinggi tujuan. Bagi Anda yang hanya ikut-ikutan. Mending, mundur karena tidak jelas kedepannya akan berbuat seperti apa. Pasalnya, dari penentuan perguruan tinggi saja sudah bisa dipastikan bahwa Anda mempunyai perencanaan yang matang.
  3. Penuhi semua persyaratan yang dibutuhkan. Biasanya, mereka menyediakan informasi ini dengan jelas.
  4. Mengajukan beasiswa pada lembaga yang berkaitan. Pastikan semua dokumen sudah lengkap.
  5. Berikutnya ikuti tes sebaik mungkin. Ketika belum berhasil, Anda masih memiliki pilihan lain yang juga harus dicoba.

Pendidikan disebut sebagai ujung tombak suatu negara dalam meraih kesuksesan. Bukan hanya isapan jempol karena pemerintah memberi anggaran yang cukup besar untuk bidang tersebut. Selain itu, negara juga sudah menentukan masa wajib belajar. Semua dilengkapi dengan berbagai program lain yang juga menunjang pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Beasiswa luar negeri termasuk pilihan bagi Anda yang cukup percaya diri akan kemampuan yang dimiliki. Tidak perlu berpikir panjang lebar, karena cukup lakukan semua dengan baik sesuai prosedur.

Informasi disediakan oleh: IDP Indonesia

No comments:

Post a Comment