Pentingnya Olahraga untuk Lansia

Umur memang terus bertambah tiap saat. Semakin berumur, maka tubuh juga akan semakin melemah. Kekuatan tubuh ketika sudah usia senja dipengaruhi oleh pola makan dan olahraga yang dilakukan saat masih muda dahulu.

Namun, bukan berarti ketika masa lansia datang lalu tidak berolahraga dan pasrah begitu saja. Justru jika masa mudanya dulu jarang sekali olahraga, saat lansia tetap harus berolahraga secara rutin. Tentu saja ada jenis olahraga yang memang khusus untuk lansia.

Jenis Olahraga untuk Lansia

Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh lansia, antara lain sebagai berikut.

Jalan Santai

Meskipun terbilang remeh, jalan santai ini adalah olahraga yang bermanfaat untuk lansia. Jalan santai bisa mengurangi kaku persendian karena kurang bergerak. Tak hanya itu, jalan santai juga turut membantu membakar kalori di dalam tubuh. Olahraga yang satu ini bisa dilakukan di rumah, halaman rumah, atau sekitar rumah.

Bersepeda

Jika ingin agak lebih berkeringat sendiri, olahraga bersepeda bisa menjadi pilihan. Bersepeda juga lebih variatif dan tidak bosan di tempat itu-itu saja. Kamu bisa bersepeda ke rute yang sebelumnya belum dilewati untuk menghilangkan rasa bosan.

Latihan Keseimbangan

Olahraga lainnya yang bisa kamu lakukan adalah latihan keseimbangan. Olahraga yang satu ini bentuknya bisa berupa push up dinding, berdiri satu kaki, berjalan jinjit, dan sebagainya. Latihan keseimbangan ini memang lebih seru dan menantang, namun kamu perlu berhati-hati yah. Jangan sampai cedera.

Yoga

Beberapa orang memilih yoga sebagai olahraga untuk lansia sekaligus mengurangi stres. Olahraga ini juga digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur karena umumnya orang yang sudah lansia susah sekali tidur malam.

Manfaat Olahraga untuk Lansia

Adapun manfaat olahraga untuk lansia adalah bisa membuat peredaran darah lancar, sendi dan otot menjadi lebih kuat, mengurangi risiko stroke, jantung, dan diabetes. Tak hanya itu, olahraga di saat masa lansia juga bisa mengurangi stres dan risiko pikun.

Durasi Olahraga untuk Lansia

Olahraga untuk lansia tidak seperti olahraga untuk orang yang masih muda. Waktu yang tepat untuk olahraga bagi lansia adalah pagi hari sekitar 30 menit setiap harinya dan 5 hari dalam seminggu. Durasi 30 menit rasanya sudah cukup untuk mengeluarkan keringat dan membakar kalori.

Dalam 30 menit tersebut, lakukan pemanasan sebelum berolahraga agar tubuh tidak kaget dan cedera. Lakukan secara bertahap dan perlahan. Serta lakukan pendinginan setelah olahraga. Jika baru pulih dari sakit, jangan langsung olahraga sebelum mendapatkan izin dari dokter.

No comments:

Post a Comment