Cara Sederhana Atasi Wasir saat Hamil

Sebenarnya wasir saat hamil merupakan kondisi yang biasa terjadi. Penyebab dari kondisi ini ialah pembuluh darah vena yang berada di dalam serta di sekitar anus membengkak oleh tekanan rahim. Gejala dari wasir yang umum ialah timbulnya rasa terbakar dan gatal di bagian anus serta sakit ketika buang air besar.

Biasanya, wasir ketika hamil ini akan hilang saat melahirkan. Saat melahirkan, wasir bisa sembuh tanpa melakukan pengobatan. Tentu saja sembuhnya ini dikarenakan oleh tingkat hormon, tekanan intraabdominal dan volume darah berkurang sesudah melahirkan. Biasanya, kemunculan wasir ini di trimester ketiga saat hamil serta saat melahirkan mendadak. 

Cara Sederhana Atasi Wasir saat Hamil

Meskipun wasir dapat hilang dengan sendirinya, rasa tidak nyaman ketika mengalami wasir ini tentu akan mengganggu, berikut beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Memperbaiki kebiasaan BAB

Ketika memiliki ambeien, kebiasaan ketika BAB harus diperhatikand engan baik. Anda harus menjaga kebersihan bagian anus dan menghindari mengejan. Mengejan bisa memperparah kondisi wasir.

Jika Anda mengalami kesulitan buang air besar, Anda dapat menaikkan posisi kaki dengan cara berpijak di bangku pendek. Ketika sudah selesai BAB, bersihkan dengan perlahan menggunakan air mengalir dan mengeringkannya menggunakan waslap lembut.

2. Berendam menggunakan air hangat

Berendam pada air hangat sangat bermanfaat mengurangi iritasi, rasa gatal serta bisa melemaskan otot panggul ketika wasir. Anda bisa berendam pada air hangat dengan merendamkan bokong ke baskom yang berisi air hangat. Pastikan air di dalamnya cukup sehingga dapat merendam area anus. 

3. Terapkan gaya hidup yang sehat

Untuk meredakan wasir, Anda harus mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi sehingga feses dapat bertekstur lunak dan mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup. 

Bukan hanya memperlancar BAB, cara ini dapat mencegah sembelit dan meringankan wasir ketika hamil. 

4. Hindari duduk terlalu lama

Ketika wasir, hindari duduk terlalu lama. Posisi duduk terlalu lama bisa memberikan tekanan yang lebih banyak di bagian pembuluh darah sekitar anus dan memperburuk wasir. Jika harus duduk dalam waktu lama, Anda bisa menggunakan bantal duduk yang berbentuk cincin, sehingga, wasir tidak akan tertekan.

5. Memeriksakan diri ke dokter

Bila wasir yang Anda alami tidak kunjung reda, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter. Bila perlu minta resep untuk meredakan pembengkakan dan nyeri. Pada kasus wasir ibu hamil, biasanya dokter akan meresepkan obat yang meredakan nyeri berbentuk krim serta salep sehingga bisa dioleskan pada area anus. 

Wasir saat hamil membutuhkan penanganan dengan tepat, meskipun bisa sembuh sendiri sesudah melahirkan, kondisi ini bisa muncuyl ketika Anda mengandung kembali nantinya, oleh sebab itu konsultasikan dengan dokter kandungan sehingga bisa mencegahnya kembali.

No comments:

Post a Comment