Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Melahirkan

Ketika menjalani masa kehamilan pada trimester ketiga, Anda pasti sudah tidak sabar untuk menanti kehadiran buah hati tercinta. Namun, selama masa tersebut, ibu hamil juga harus menyiapkan berbagai macam hal yang perlu dipersiapkan sebelum melahirkan

Contohnya saja sebelum bayi lahir, Anda harus menyiapkan berbagai macam hal. Melahirkan adalah sebuah proses yang memerlukan berbagai macam persiapan. Lebih-lebih jika Anda melakukannya di rumah sakit yang jauh. 

Melakukan persiapan sebelum melahirkan paling tidak harus dilakukan kurang lebih 3 minggu sebelum hari perkiraan lahiran. Selain itu persiapan matang juga harus dilakukan agar bisa membuat Anda menjadi semakin tenang saat dalam proses persalinan. 

Barang Bawaan yang Harus Disiapkan Sebelum Melahirkan untuk Ibu

Sebelum mendekati hari perkiraan lahir, Anda harus mengenali berbagai macam tanda persalinan. Lebih-lebih persalinan bisa terjadi sebelum hari perkiraan lahir. Oleh sebab itu disarankan menyiapkan berbagai macam barang bawaan dari jauh-jauh hari. Berikut berbagai macam daftar persiapan lahiran yang harus disiapkan, antara lain:

1. Kartu identitas

Siapkan berbagai macam kartu identitas seperti KTP serta SIM. Jika Anda melahirkan dengan menggunakan asuransi, Anda juga harus menyiapkan kartu asuransi. Sedangkan, jika menggunakan BPJS, pastikan sudah menyiapkan berbagai macam dokumen pendukungnya. 

2. Sarung, rok atau kain berukuran besar

Agar bisa memudahkan gerak ketika selesai bersalin, Anda bisa menyiapkan sarung dan kain. Selain itu sarung dan kain juga bisa digunakan saat air ketuban pecah.

3. Perlengkapan mandi

Berbagai perlengkapan mandi juga harus Anda siapkan seperti sikat gigi, pasta gigi, sabun. Jika Anda menggunakan sabun wajah, dan makeup, Anda juga bisa menyiapkannya bersama dengan perlengkapan mandi. 

4. Pakaian

Pakaian yang harus disiapkan seperti daster dengan kancing depan sehingga proses pemberian ASI bisa dilakukan dengan mudah. Anda juga bisa membawa beberapa bra menyusui, setagen, dan celana dalam. Jangan lupa membawa pembalut nifas. 

Sebenarnya bukan hanya beberapa barang penting tersebut, Anda juga bisa membawa berbagai macam barang yang bisa dipersiapkan agar membantu meredakan rasa cemas sebelum bersalin contohnya seperti speaker, headset, bantal kesayangan, dan buku mengenai persalinan. 

Barang Bawaan untuk Bayi

Bukan hanya menyiapkan barang untuk sang ibu, Anda juga harus menyiapkan berbagai macam barang untuk buah hati. Berikut berbagai macam barang bawaan untuk si kecil, seperti:

1. Pakaian bayi

Siapkan pakaian bayi untuk 2 atau 3 hari. Pakaian bayi yang harus disiapkan seperti baju, popok, topi bayi, kaos kaki, sarung tangan dan selimut bayi.

2. Popok sekali pakai

Sebelum bayi diberikan pada Anda, biasanya nantinya akan diperiksa terlebih dahulu. Pada proses pemeriksaan ini, bayi membutuhkan popok sekali pakai agar perawat tidak berulang kali menggantinya. 

3. Tisu basah

Anda juga harus menyiapkan tissue basah untuk si kecil. Namun pastikan menyiapkan tissue basah yang khusus untuk newborn. 

No comments:

Post a Comment