Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal Anak

Pada masa pertumbuhan, buah hati memang harus secara terus menerus dalam pemantauan kita sebagai orang tua. Dalam fase tersebut, buah hati sangat memerlukan gizi serta asupan penunjang pertumbuhannya. 

Oleh sebab itu, sangat penting untuk orangtua menaruh perhatian pada asupan makanan serta minuman yang dikonsumsinya, karena anak-anak bisa kekurangan maupun kelebihan berat badan. 

Bila kelebihan berat badan, mungkin akan lebih mudah disadari, namun jangan sampai Anda mengabaikannya. Agar bisa memastikan buah hati mempunyai berat badan ideal anak, Anda dapat memeriksakannya ke ahli gizi. 

Selain memeriksakannya ke ahli gizi, Anda dapat menghitung indeks masa tubuh. Untuk BMI kurang dari 5 memiliki arti kekurangan berat badan, jika 5 hingga 85 berarti memiliki berat badan normal. 

Sedangkan untuk BMI 85 hingga 95 berarti kelebihan berat badan dan di atas 95 memiliki status obesitas. 

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal Anak

Agar anak memperoleh berat badan yang ideal, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menambah berat badannya, antara lain:

Tambah asupan lemak sehat

Meskipun menambah asupan lemak, namun asupan lemak yang ditambahkan dalam makanan anak merupakan asupan lemak sehat. Anda bisa menambahkan keju leleh, minyak zaitun, saus krim, hingga mayones di sayuran. 

Tambahan asupan lemak yang sehat ini bermanfaat bagi anak-anak yang gemar berolahraga. Selain itu kacang-kacangan dan alpukat juga memiliki kandungan nutrisi yang bisa memulihkan energinya setelah berolahraga. 

Konsumsi makanan dengan kalori tinggi

Anak-anak dengan usia 2 hingga 3 tahun memelrukan kurang lebih 1000 kalori per hari, sedangkan anak-anak dengan usia 4 hingga 8 tahun memerlukan 1200 hingga 1400 kalori per hari. 

Bila kebutuhan kalori anak sudah terpenuhi namun masih kekurangan berat badan, Anda bisa menambah kalori hingga 500 kalori setiap harinya. Penambahan kalori dalam jumlah tersebut bisa membuat berat badannya naik sebesar 5 ons. 

Makanan yang diberikan tidak boleh hanya berdasarkan pada jumlah kalori tinggi namun juga memiliki kandungan gizi yang baik seperti alpukat, buah pisang, telur hingga ikan salmon. 

Meningkatkan asupan karbohidrat

Agar berat badan ideal anak bisa diperoleh, Anda bisa menambahkan karbohidrat. Karbohidrat begitu identic dengan makanan pokok seperti nasi. Sayangnya, anak-anak bisanya tidak dapat mengkonsumsi nasi dalam jumlah yang besar. 

Sebagai pengganti nasi, Anda bisa membuat camilan yang tinggi karbohidrat contohnya seperti roti dengan topping kismis serta buah-buah kering di atasnya. Anda juga bisa memberikan granola sebagai asupan makanan tambahan. 

Atur jadwal makan

Biasanya, penyebab anak kekurangan berat badan ialah melewatkan jam makan. Oleh sebab itu atur jadwal makanan serta mematuhinya agar nutrisi yang diperlukan anak bisa dipenuhi dengan baik. Anak harus makan 3 kali dalam sehari dengan 2 kali makan selingan. 

Kombinasikan makanan yang seimbang

Untuk memastikan jika kadar kalori serta nutrisi terpenuhi dengan baik, Anda harus dapat mengkombinasikan makanan agar bisa seimbang. Pola makan yang seimbang ini berarti anak harus memperoleh asupan lemak tak jenuh, protein, karbohidrat, serat dan vitamin. 

Setiap harinya, anak harus mengkonsumsi 5 porsi variasi sayuran dan buah, kemudian ikan yang kaya dengan kandungan omega-3. Jangan lupa beri kombinasi produk susu yang rendah gula dan lemak, Anda juga harus memastikan jika kadar proteinnya tercukupi dengan baik. 

Meskipun sedang berjuang mendapatkan berat badan ideal anak, namun kadar makanan yang dikonsumsi tidak boleh mengandung banyak lemak jenuh atau tinggi gula karena justru membahayakannya. 

No comments:

Post a Comment